Kebijakan pemerintah tentang penaggulangan kemiskinan: studi implementasi program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tami, Maslahatul Habibah (2018) Kebijakan pemerintah tentang penaggulangan kemiskinan: studi implementasi program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri pedesaan di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Maslahatul Habibah Tami_I01214002.pdf

Download (29MB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan: 1. Implementasi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. 2. Mengetahui Dampak Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Pedesaan Dalam Menanggulangi Kemiskinan di Desa Banyutengah Kecamatan Panceng Kabupaten Gresik. Penelitian dilakukan menggunakan metode Kualitatif Deskriptif. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi sumber yang berarti peneliti akan membandingkan dan mengecek balik derajat kepercayaan suatu informasi yang diperoleh melalui waktu dan alat yang berbeda dalam metode kualitatif. Teori yang digunakan adalah: 1. Teori Kebijakan dari Riant (ketepatan kebijakan, ketepatan pelaksana, ketepatan target, ketepatan lingkungan dan ketepatan proses). 2. Teori Implementasi dari Merile S. Grindle (isi kebijakan, dan lingkungan kebijakan) mengenai partisipasi masyarakat 3. Teori partisipasi masyarakat yang dikemukakan oleh Uphoff, Cohen, dan Goldsmith: (perencanaan, pelaksanan, menikmati hasil atau pemanfaatan dan evaluasi). Hasil penelitian menyatakan bahwa: 1. Impelementasi PNPM MP di Desa Banyutengah telah berhasil karena melihat kesesuaian antara pelaksanaan atau penerapan kebijakan dengan desain, tujuan dan sasaran kebijakan dari PNPM itu sendiri. Pelaksanaan PNPM Mandiri Perdesaan di Desa Banyutengah terbukti terlaksana dengan baik. Masyarakat Desa Banyutengah secara aktif ikut terlibat dalam proses Perencanaan, Pelaksanaan, menikmati hasil dan Proses Evaluasi. Maka terlihat bahwa PNPM memiliki nilai plus dalam pemberdayaan masyarakat, masyarakat Desa Banyutengah dapat dikatakan bahwa partisipasinya tergolong Partisipasi Mandiri. 2. Dampak PNPM MP pada masyarakat desa banyutengah jika dilihat dari segi Sosial-Ekonomi adalah: Ekonomi: Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Pergerakan pada angka Pengangguran pada masyarakat Desa Banyutengah, memberikan kesempatan kerja bagi masyarakat desa, peningkatan penghasilan perbulan antara sebelum dengan setelah adanya PNPM MP, dengan melihat usaha-usaha kecil masyarakat Desa Banyutengah dari penjual es tebu, berdagang kambing, berdagang krudung, modal pertanian dan untuk modal usaha lainya. Sosial: memberdayakan masyarakat dengan cara mendorong partisipasi masyarakat untuk bergotong royong, menggali kreatifitas masyarakat dll.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tami, Maslahatul Habibahmaslahatulhabibahtami60@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kebijakan Publik
Masalah sosial
Pemberdayaan
Keywords: Kebijakan Pemerintah; Penanggulangan Kemiskinan; PNPM Mandiri Pedesaan
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Tami Maslahatul Habibah
Date Deposited: 20 Aug 2018 06:52
Last Modified: 20 Aug 2018 06:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27755

Actions (login required)

View Item View Item