Techniques on integrating cultural awareness in teaching English as a foreign language at MAN 2 Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatin, Ainun (2018) Techniques on integrating cultural awareness in teaching English as a foreign language at MAN 2 Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Hidayatin_D35211048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Di era di mana globalisasi telah menjadi fenomena yang mana orang dapat berkomunikasi dengan orang-orang dari negara lain dengan budaya dan latar belakang yang berbeda melalui internet, orang harus dapat berkomunikasi dengan bahasa yang digunakan oleh mayoritas orang di dunia, termasuk bahasa Inggris. Sayangnya, situasi ini dapat menciptakan isu-isu transnasional dan budaya karena ada besarnya kemungkinan orang memiliki sikap negatif terhadap penutur asli dari bahasa tertentu karena mereka kurang memahami budaya tersebut. Penelitian ini menanyakan tentang teknik yang guru bahasa Inggris gunakan untuk mengintegrasikan cultural awareness di kelas mereka, cara mereka menerapkannya, dan tantangan apa yang harus mereka hadapi. Oleh karena itu, penelitian ini didasarkan pada metode studi kasus yang mempelajari berbagai masalah yang terikat pada satu ruang lingkup utama dan bertujuan untuk mendapatkan pemahaman tentang masalah secara mendalam dan detail. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan analisis dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun para guru tidak memiliki pengetahuan tentang teknik yang dikhususkan untuk mengintegrasikan cultural awareness, pada kenyataannya mereka menggunakan teknik cultural aside dan comparison. Sehubungan dengan sumber materi untuk mendukung mereka dalam mengintegrasikan cultural awareness di kelas mereka, buku teks yang digunakan oleh guru kelas XI lebih cocok daripada guru kelas XII. Hasil penelitian ini juga menunjukkan tantangan yang dihadapi para guru di kelas mereka seperti rendahnya tingkat kesadaran budaya siswa, waktu yang terbatas untuk menyelesaikan tujuan dan kompetensi kurikulum lainnya, terbatasnya informasi budaya yang disediakan dalam buku teks.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatin, Ainunmata.desirius@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Inggris
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Budaya
Keywords: Techniques on integrating cultural awareness
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Hidayatin Ainun
Date Deposited: 04 Sep 2018 02:46
Last Modified: 04 Sep 2018 02:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27759

Actions (login required)

View Item View Item