Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan nomor: 57/Pid.Sus/2016/PN.Srl tentang Traditional Gold Mining

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fernando, Alam Subuh (2018) Tinjauan hukum pidana Islam terhadap putusan nomor: 57/Pid.Sus/2016/PN.Srl tentang Traditional Gold Mining. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Alam Subuh Fernando_C73214022.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang: 1). Bagaimana dasar pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor: 57/Pid.Sus/2016/Pn.srl? 2). Bagaimana analisis Hukum Pidana Islam terhadap pertimbangan Hakim dalam Putusan Nomor 57/Pid.Sus/Pn.Srl tentang Traditional Gold Mining? Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pertama, pertimbangan hakim dalam Putusan Nomor: 57/Pid.Sus/2016/PN.Srl tentangTraditional Gold Mining didasarkan pada peraturan khusus, yaitu pasal 161 Undang-Undang Nomor 4 tahun 2009 tentang Pertambangan Mineral dan Batu bara dengan mengesampingkan peraturaan umum, yaitu pasal 480 ayat 1 KUHP. Atas pertimbangaan itu, maka hakim membebaskan terdakwa karena tidak terpenuhinya unsur pertambangaan; kedua, dasar pertimbangan hakim dalam putusan Nomor: 57/Pid.Sus/2016/PN.Srl tersebut sesuai dengan hukum pidana Islam yakni termasuk kedalam hukuman ta’zir yang tidak disebutkan secara eksplisit di al-Qur’an dan Hadis sehingga penjatuhan hukumannya menjadi kewenangan ulil amri (Hakim). Adaapun berat ringannya sanksi ta’zir disesuaaikaaan dengan besar kecilnyaa kejahataaan yang telah dilakukan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fernando, Alam SubuhAlamsubuhfernando@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Pidana Islam
Keywords: Hukum pidana Islam; Traditional Gold Mining
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Fernando Alam Subuh
Date Deposited: 21 Aug 2018 03:56
Last Modified: 21 Aug 2018 03:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27807

Actions (login required)

View Item View Item