Pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizal, Mohammad (2018) Pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo Tahun 2017. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Rizal_E74213141.pdf

Download (779kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan salah satu permasalahan besar yang terdapat di Indonesia, sehingga Pemerintah merancang suatu program yaitu Program Keluarga Harapan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Program tersebut pertama kali diluncurkan pada tahun 2007 di 48 Kabupaten/Kota, termasuk di Kabupaten Sidoarjo. Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu Kabupaten yang kompetitif di Provinsi Jawa Timur, terutama dalam pembangunan daerah di berbagai sektor. Tujuan penelitian ini untuk mengukur pengaruh Program Keluarga Harapan terhadap kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo tahun 2017. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan SPSS versi 21.0. Penelitian ini menggunakan random sampling dengan 100 responden yang terbagi di 18 Kecamatan.
Hasil dari analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara Program Keluarga Harapan dan kesejahteraan masyarakat. Program Keluarga Harapan menunjukkan korelasi yang sangat kuat dengan nilai 0,944. Selanjutnya, nilai koefisien determinasi sebesar 0,890. Yang artinya 89% kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sidoarjo tahun 2017 dipengaruhi oleh Program Keluarga Harapan dan sebesar 11% kesejahteraan masyarakat dipengaruhi oleh faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizal, Mohammadzal.mohammad17@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Kemiskinan
Keywords: Program Keluarga Harapan; Kesejahteraan; Regresi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Rizal Mohammad
Date Deposited: 21 Aug 2018 07:42
Last Modified: 21 Aug 2018 07:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27831

Actions (login required)

View Item View Item