Salat dan Wudhu studi terhadap lelaku falsafi KH. Wahyu Ahadiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zainuddin, Zainuddin (2018) Salat dan Wudhu studi terhadap lelaku falsafi KH. Wahyu Ahadiyah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zainuddin_E01211024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Banyak sekali orang yang salat tetapi entah kemana salatnya, begitulah alasan peneliti mengangkat tema ini. Salat sebagaimana diketahui adalah tiang agama, apa maksud perkataan ini. Padahal masih banyak pelaku salat yang bahkan menjadi perusak agama. Maraknya tindakan kriminal, terorisme dan bahkan muncul sekelompok orang mengaku Islam tetapi bahkan tidak mencerminkan nilai-nilai keIslaman itu sendiri. Sebagai tiang, tentunya salat memiliki arti yang begitu luas. Tidak sekedar berbentuk gerakan-gerakan tetapi juga bermakna sosial dan transendetal. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan studi lapangan di mana peneliti akan melakukan wawancara dengan KH. Wahyu Ahadiyah. Dari hasil wawancara, peneliti akan melakukan analisis pemaknaan dan kesejarahan ajaran yang dianutnya. Hasil dari penelitian ini ialah adanya ortodoksi umat Islam di dalam memahami salat dan wudhu, di mana kebanyakan dari mereka memahami salat dan wudhu hanya sekedar kewajiban belaka. Sementara itu dalam pandangan KH. Wahyu Ahadiyah salat dan wudlu dipahami sebagai kewajiban yang harus diinternalisasi sekaligus dieksternalisasi dari diri manusia. Sehingga sampai kepada paham bahwa salat adalah mi’raj bagi orang yang beriman. Dalam arti “penyaksian” akan Wujud Sejati.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zainuddin, Zainuddinmobile.ganda2@gmail.comE01211024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, TasmujiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorYazid, SyaifullohUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Salat
Wudu
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Zainuddin Zainuddin
Date Deposited: 03 Oct 2019 07:21
Last Modified: 03 Oct 2019 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27833

Actions (login required)

View Item View Item