Hubungan kegiatan pembelajaran terjemah al-Qur’an dengan spiritualitas santri di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Insiyah, Siti Amarotul (2018) Hubungan kegiatan pembelajaran terjemah al-Qur’an dengan spiritualitas santri di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Amarotul Insiyah_D71214080.pdf

Download (19MB)

Abstract

Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana kegiatan pembelajaran terjemah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya? (2)Bagaimana spiritualitas santri Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya? (3) adakah hubungan antara kegiatan pembelajaran terjemah Al-Qur’an dengan Spiritualitas Santri di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya? Data-data penelitian ini dihimpun dari Santri di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya sebagai obyek penelitian. Dalam mengumpulkan data menggunakan metode kuesioner, observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian kuantitatif, untuk analisis datanya menggunakan teknik persentase dan korelasi Product Moment. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan perhitungan dengan menggunakan rumus persentase dan “r” Product Moment, dapat disimpulkan bahwa: (1) kegiatan pembelajaran terjemah Al-Qur’an di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya bernilai 30,477 termasuk dalam kategori cukup baik, (2) Persentase spiritualitas santri Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya bernilai 40,59 termasuk dalam kategori baik, (3) Ada hubungan yang signifikan antara Kegiatan Pembelajaran Terjemah Al-Qur’an dengan Spiritualitas Santri di Pondok Pesantren Safinatul Huda Rungkut Surabaya, dengan hasil perhitungan “r” Product Moment diperoleh nilai t hitung sebesar 0,454 lebih besar dari t tabel sebesar 0,304.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Insiyah, Siti AmarotulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Pembelajaran; al-Qur’an; spiritualitas santri; pondok pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2018 03:05
Last Modified: 23 Aug 2018 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27843

Actions (login required)

View Item View Item