Kritik sosial dalam Tafsir al Qur'an: study terhadap Tafsir al Mar'ah al Salihah karya Majid Tamim

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qusyairi, Ahmad (2018) Kritik sosial dalam Tafsir al Qur'an: study terhadap Tafsir al Mar'ah al Salihah karya Majid Tamim. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img]
Preview
Text
Ahmad Qusyairi_E03213009.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Karya tafsir pada dasarnya merupakan sebuah produk budaya yang lahir dari proses dialektika antara penafsir dengan budaya yang melingkupinya di satu pihak dan dialognya dengan al-Qur’an di pihak lain. Salah satu karya tafsir yang lahir dari proses dialektika tersebut yaitu tafsir al-Mar’ah al-S}a>lih}ahkarya Majid Tamim, yang ditulis dalam lingkup sosial budaya Madura. Oleh karena itu, penelitian ini diorientasikan untuk menjawab permasalahan tentang pengaruh budaya Madura dalam tafsir al-Mar’ah al-Shalihah, respon Majid Tamim terhadap westernisasi serta bagaimana konsep wanita salihah menurut Majid Tamim? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang datanya bersumber dari kepustakaan (library research) dan wawancara. Untuk mengungkap dialektika tafsir al-Mar’ah al-Shalihah dengan budaya Madura, peneitian ini dikaji dengan kerangka teori enkulturasi budaya dengan pendekatan historis-antropolgis. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tujuan Majid Tamim menulis tafsir al-Mar’ah al-Shalihah adalah untuk merespon isu-isu sosial, terutama westernisasi yang dinilai tidak sesuai dengan ajaran Islam, seperti merosotnya moral remaja, model pakaian barat, isu gender hingga tentang Keluarga Berencana. Metode yang digunakan Majid Tamim dalam tafsirnya yaitu metode tematik yang berbentuk ra’y dengan corak sosial kemasyarakatan. Konsep wanita Saliha menurut Majid Tamim terperinci sebagai berikut: Pertama, wanita dengan kepribadian kuat, Kedua wanita sebagai istri yang patuh kepada suaminya, Ketiga wanita yang pandai dan cerdas (diskursus kesetaraan gender), Keempat Wanita yang Menjaga Kesuciannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qusyairi, AhmadAhmadqusyairi700@gmail.comE03213009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBilla, MutamakkinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Kritik sosial; Budaya; Majid Tamim; al Mar’ah al Salihah
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Qusyairi Ahmad
Date Deposited: 08 Oct 2018 03:32
Last Modified: 18 Jul 2023 03:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27850

Actions (login required)

View Item View Item