Tinjauan Matematika terhadap Petungan mendirikan rumah dalam kitab Primbon Sembahyang karya Muhammad Bin Ahmad Bin Nabhan Wa Auladihi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Solikin, Agus (2018) Tinjauan Matematika terhadap Petungan mendirikan rumah dalam kitab Primbon Sembahyang karya Muhammad Bin Ahmad Bin Nabhan Wa Auladihi. Jurnal Pi: Pendidikan Matematika dan Integrasinya, 2 (1). pp. 1-11. ISSN 2598-8913

[img] Text
Agus Solikin_Tinjauan Matematika terhadap Petungan mendirikan rumah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://e-journal.hikmahuniversity.ac.id/index.php/...

Abstract

Makalah ini bertujuan untuk menggambarkan tentang kaidah matematika yang ada pada petungan (perhitungan) penentuan hari mendirikan rumah yang ada dalam kitab primon sembahyang karya Muhammad Bin Ahmad Bin Nabhan Wa Auladihi. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan semangat dan kesadaran bahwa dalam proses petungan yang ada dalam kitab tersebut bisa dikaji dengan kaidah-kaidah yang ada dalam matematika, selain itu melalui makalah ini diharapkan juga tebnetuknya kesadaran bahwa, dalam kehidupan budaya disekitar ada hubungan erat dengan matematika. Berdasarkan kajian yang telah dilakukan dapat diperoleh bahwa petungan (perhitungan) penentuan hari mendirikan rumah yang ada dalam kitab primon sembahyang karya Muhammad Bin Ahmad Bin Nabhan Wa Auladihi menggunakan kajian tentang modulo yang ada di matematika. Sedangkan modulo yang dgunakan yaitu modulo 4.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Solikin, AgusAgussolikin2@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Keywords: Petungan; primbon sembahyang Matematika
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Solikin Agus
Date Deposited: 11 Jan 2019 07:06
Last Modified: 11 Jan 2019 07:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27883

Actions (login required)

View Item View Item