Praktek jual beli legen di Desa Wire Kec. Semanding Kab. Tuban: studi pandangan para tokoh agama Islam di Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulfa, Nur Aida Maria (2010) Praktek jual beli legen di Desa Wire Kec. Semanding Kab. Tuban: studi pandangan para tokoh agama Islam di Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Aida Maria Ulfa_C02205103.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab bagaiaman proses jual beli legen dan bagaimana pandangan tokoh agama Islam tentang hukum jual-beli legen di Desa Wire Kec. Semanding Kab. Tuban. Data yang diperlukan dalam penelitian ini dikumpulkan dengan teknik interview dan telaah kepustakaan. Setelah data terkumpul kemudian data di olah dengan teknik organizing, editing dan coding, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif menggunakan pendekatan logika induktif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa dalam praktek jual beli legen yang dijadikan obyek jual beli mengandung campuran 5 liter air mentah dan pemanis buatan yang dikemas dalam botol minuman, dan kondisi ini pada saat terjadi jual beli hanya diketahui oleh pihak penjual sehingga dalam hukum Islam jual beli ini batil (rusak atau gugur) dan mengandung unsur garar (penipuan). Kemudian pendapat tokoh agama Islam di Tuban dalam hal jual beli legen tersebut terdapat perbedaan pendapat yakni ada yang membolehkan dengan alasan adanya faktor kebutuhan ekonomi serta kebiasaan. dan yang tidak membolehkan karena dari segi obyek yang tidak diketahui jelas kualitas barang yang tidak memenuhi syarat-syarat sah jual beli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulfa, Nur Aida MariaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: Jual beli legen
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 29 Aug 2018 07:41
Last Modified: 29 Aug 2018 07:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27897

Actions (login required)

View Item View Item