Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli pakaian bekas dalam karung (bal-balan) di Kawasan Gembong Tebasan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mashud, Mashud (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli pakaian bekas dalam karung (bal-balan) di Kawasan Gembong Tebasan Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mashud_C02207048.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab rumusan masalah: bagaimana jual beli pakaian bekas dalam karung (bal-balan) di Kawasan Gembong Surabaya? dan bagaimana tinjauan hokum Islam terhadap jual beli pakaian bekas dalam karung (bal-balan) di Kawasan Gembong Surabaya. Data penelitian diperoleh dari distributor dan agen di Pasar Gembong Tebasan Surabaya yang menjadi subyek penelitian ini. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa hokum jual beli dalam karung dalam tinjauan hokum Islam dianggap boleh, dengan alasan jual beli tersebut tidak mengandung adanya unsur gharar (penipuan), adanya unsur kerelaan diantara kedua belah pihak dengan direalisasikan dalam bentuk menerima dan memberi, serta tidak menimbulkan pertentangan meskipun secara kasat mata jual beli dalam karung ada ada syarat akad yang tidak terpenuhi seperti jual beli barang yang belum diketahui sebelum akad. Namun hal ini tidak menjadikan suatu alasan yang signifikan sehingga mempunyai akibat hukum karena barang yang dibeli bukan hanya pembeli saja yang tidak mengetahui namun juga tidak diketahui oleh pihak penjual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mashud, MashudUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Jual Beli
Keywords: hukum Islam; Jual beli pakaian bekas dalam karung
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:36
Last Modified: 03 Sep 2018 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27925

Actions (login required)

View Item View Item