Efektivitas metode pembelajaran al-qur’an: studi komparasi implementasi metode tilawati dan metode attartil di Yayasan Himmatun Ayat Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fadilah, Nur (2016) Efektivitas metode pembelajaran al-qur’an: studi komparasi implementasi metode tilawati dan metode attartil di Yayasan Himmatun Ayat Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Fadilah_F03212052.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti terhadap metode pembelajaran Al-Qur’an utamanya metode tilawati dan metode attartil. Pada penelitian ini dirumuskan tiga rumusan masalah yaitu: bagaimana implementasi metode tilawati dan metode attartil, bagaimana tingkat perbandingan keefektifan antara metode tilawati dan metode attartil, Apa pendukung dan penghambat dalam implementasi metode tersebut. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif. Taknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisa adalah uji hipotesis komparasi. Berdasarkan hasil hitung uji hipotesis, antara metode tilawati dengan metode attartil, maka metode tilawati tidak lebih efektif dibanding dengan metode attartil. Hal ini bisa dilihat dari F-tes dan t-tes. Faktor pendukung dari kedua metode tersebut tidak jauh berbeda yaitu sarana dan sumber belajar yang memadai. Sedangkan faktor penghambat yaitu ada yang berasal dari diri anak dan ada yang berasal dari luar diri anak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fadilah, Nurishaqq.senapan@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Efektivitas; Metode tilawati; Metode attartil
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fadilah Nur
Date Deposited: 18 Sep 2018 06:59
Last Modified: 18 Sep 2018 07:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27927

Actions (login required)

View Item View Item