Telaah konsep pendidikan akhlak prespektif Miftahul Luthfi Muhammad

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Muliatul (2009) Telaah konsep pendidikan akhlak prespektif Miftahul Luthfi Muhammad. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muliatul Maghfiroh_D01205149.pdf

Download (973kB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam Skripsi ini adalah: (I) konsep pendidikan akhlak prespektif Miftahul Luthfi Muhammad. (2) implementasi konsep pendidikan akhlak prespektif Miftahul luthfi Muhammad dalam masyarakat. (3) faktor pendukung clan faktor penghambat implementasi pendidikan akhlak dalam masyarakat. Penelitian ini adalah riset perpustakaan yakni pengumpulan data dengan cara menelaah dan menganalisis somber data dari referensi yang terkait dan dari telaah dan analisis data itu yang menghasilkan kesimpulan. Hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa: 1. Inti dari konsep pendidikan akhlak menurut Miftahul Luthfi Muhammad adalah berpangkal pada pendidikan akhlak rabbani berdasarkan dinul isl pcndidikan akhlak rabbani berdasarkan keimanan, serta pendidikan akhlak berdasarkan adab Islam. Yakni berdasarkan dinul islam terdiri dari wahyu Al­ Qur'an Dan sunnah Rosululloh. Berdasarkan keimananan, ada beberapa tingkatan dalam iman antara Antara lain, dholimul /inafsih, muqtashid serta sahiquni bilkhoirot. Adanya sinkronisasi dalam hubungan antara keimanan dengan hakekat manusia Yang Pendidikan akhlak berdasarkan adab Islam bisa terwujud jika terdapat neraca kehidupan, yang didalamnya terdapat neraca syariat, neraca mental serta neraca kepribadian. Sedangkan selanjutnya adalah adanya Transmiter Energi Rosulullaah SAW dalam mewujudkan ini (Mi'rojul Yaqin) maka perlu motivator, Five be, bangunkan diri dengan ISI, Sedangkan selanjutnya adalah Terbentuknya Out put akhlak islam yang Rahmatan Lil Alamin. 2.lmplementasi pendidikan akhlak ini, telah dilakukan clan di kembangkan melalui syiar dakwah secara lisan maupun tulisan, secara lisan diadakan pengajian yang diletakkan di Ma'had Tee Bee(Center of Transformation). Secara tulisan telah banyak dilakukan penerbitan buku-buku mengenai keislaman, akhlak, kebangsaan serta dakwah dan diselenggarakan pelatihan jurnalistik dan lain sebagainya demi terciptanya bangsa yang mandiri dan bermartabat.3. Faktor-faktor yang mendukung maupun yang menghambat proses implementasi pendidikan akhlak di masyarakat, kurangnya kesadacan masyarakat dalam pentingnya sebagai manusia yang berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan Nabi Muhammad SAW.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, MuliatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Biografi > Biografi Islam
Pendidikan
Keywords: Konsep pendidikan akhlak; prespektif Miftahul Luthfi Muhammad
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Sep 2018 02:59
Last Modified: 10 Sep 2018 02:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27961

Actions (login required)

View Item View Item