Implikasi teknologi informasi pada perilaku sosial dan keagamaan siswa Kelas XI: studi kasus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jannah, Nur (2017) Implikasi teknologi informasi pada perilaku sosial dan keagamaan siswa Kelas XI: studi kasus Madrasah Aliyah Negeri (MAN) I Kota Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Jannah_F03214033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Problematika yang diangkat dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana penggunaan teknologi informasi peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto; (2) Bagaimana implikasi penggunaan teknologi informasi terhadap perilaku sosial peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto (3) Bagaimana implikasi penggunaan teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto. Penelitian ini dimaksudkan untuk: pertama, mengetahui penggunaan teknologi informasi peserta didik kelas XI MAN 1 Kota Mojokerto, kedua, untuk menemukan implikasi penggunaan teknologi informasi terhadap perilaku sosial peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto. Ketiga menemukan implikasi penggunaan teknologi informasi terhadap perilaku keagamaan peserta didik kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto. Hasil penelitian mengungkap bahwa penggunaan teknologi informasi pada siswa kelas XI di MAN 1 Kota Mojokerto lebih banyak digunakan untuk bermain media sosial sebesar 60%. Sedangkan dalam durasi waktu penggunaan, sebanyak 80% siswa menggunakan teknologi informasi antara 4-6 jam. Dan alasan penggunaannya disaat belajar, sebanyak 45% menganggap teknologi informasi sebagai kebutuhan yang tidak bisa ditinggalkan meskipun sedang dalam kondisi belajar. Penggunaan teknologi informasi yang dominan berdampak pada perilaku sosial mereka. Mereka lebih sering bermain media sosial dari pada berinteraksi langsung dengan teman yang lain. Sehingga komunikasi tradisional yang biasa dipakai tergantikan dengan komunikasi virtual dengan pemanfaatan media sosial atau vitur lainnya yang ada dalam teknologi informasi tersebut. Perilaku keagamaan yang dimunculkan oleh penggunaan teknologi informasi berimplikasi pada peningkatan ibadah. Sebagaian besar siswa terbantu oleh penggunaan teknologi sebagai pengingat waktu ibadah. Akan tetapi, dalam dimensi sosial perilaku keagamaan, menunjukkan hal sebaliknya. Beberapa siswa menunjukkan sikap buruk dengan tidak menunjukkan ras hormat kepada guru dan teman-temannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jannah, NurPutrimajapahit2025@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Keywords: Implikasi; teknologi informasi; perilaku sosial; keagamaan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Janah Nur
Date Deposited: 10 Sep 2018 09:23
Last Modified: 10 Sep 2018 09:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27965

Actions (login required)

View Item View Item