Kebangkitan ulama perempuan di Indonesia: studi Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2017 dalam pengarusutamaan gender

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Izzati, Choirun Nisa (2018) Kebangkitan ulama perempuan di Indonesia: studi Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2017 dalam pengarusutamaan gender. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Choirun Nisa Izzati_E34211032.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Kebangkitan Ulama Perempuan di Indonesia (Studi Kongres Ulama Perempuan Indonesia (KUPI) 2017 dalam Pengarusutamaan Gender.Fokus dalam penelitian ini adalah problem struktural perempuan di Indonesia dan strategi KUPI dalam pengarusutamaan gender. Fokus selanjutnya dalam penelitian ini pada penegasan ulama adalah bagaimana kontribusi lama perempuan memiliki peran dalam menentukan suatu kebijakan negara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang artinya penelitian ini berangkat dari fenomena yang terjadi di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,(1) Problem struktural di Indonesia dalam konteks bernegara adalah hal yang berkenaan dengan implementasi konstitusi dan problem dari adanya undang-undang yang masih bias gender. (2) Strategi perjuangan KUPI dalam pengarusutamaan gender setidaknya terbagi dua hal yang menjadi wilayah perjuangan KUPI. Secara eksplisit diantaranya: kultural dan struktural. Dalam ranah perjuangan kultural, KUPI mengupayakan pengarusutamaan gender melalui gerakan pendidikan dengan memberikan pengajaran atau pelatihan atau workshop terhadap perempuan supaya terbentuk pola pikir kritis, kesadaran akan haknya, hingga pemahaman akan gender itu sendiri. Sedangkan dalam ranah struktural, KUPI melakukan kerja advokasi terhadap para korban kekerasan dan marjinalisasi untuk mendapatkan haknya, serta KUPI akan mengawasi dan mengawal undang-undang yang mengandung unsur ketidakadilan sosial terhadap perempuan. KUPI menyatukan tiga kelompok ini (RAHIMA, FAHMINA, ALIMAT). KUPI menjadi ruang konsolidasi gerakan ulama perempuan. Problem struktural di Indonesia menurut KUPI adalah problem dalam konteks bernegara ada pada hal yang berkenaan dengan implementasi konstitusi dan undang – undang yang masih bias gender.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Izzati, Choirun Nisachoirunnisa.cece@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Politik
Politik > Politik Islam
Pemikiran
Keywords: Ulama Perempuan; Pengarusutamaan Gender
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Filsafat Politik Islam
Depositing User: Izzati Choirun Nisa
Date Deposited: 24 Sep 2018 08:01
Last Modified: 24 Sep 2018 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27973

Actions (login required)

View Item View Item