Kepala Sekolah dalam meningkatkan kegiatan Ekstra Kurikuler di SMP Sunan Ampel Al Ikhlas Sumberejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mas'ulah, Mas'ulah (2009) Kepala Sekolah dalam meningkatkan kegiatan Ekstra Kurikuler di SMP Sunan Ampel Al Ikhlas Sumberejo Situbondo Tahun Pelajaran 2008-2009. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mas'ulah_D51206222.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27986

Abstract

Rumusan masalah dalam penelitian ini menitik beratkan pada pembahasan sebagai berikut: peran kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo Situbondo, kepemimpinan kepala sekolah dalam mengatasi kendala-kendala kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-lkhlas Sumberejo Situbondo, kepemimpinan kepala sekolah dalam mempraktekkan kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo Situbondo. Penelitian ini bersifat kualitatif, dan metode yang dipakai metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi langsung, interview, dan dokumentasi. Sedangkan penyajian dan analisis datanya secara induktif, yaitu menarik kesimpulan umwn dari data-data yang diperoleh dalam penelitian yang ada hubungannya dengan skripsi ini yaitu tentang peran kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo Situbondo. Dari analisis data yang telah kami lakukan telah diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, bahwa peran kepala sekolah dalam meningkatkan kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo Situbondo adalah sebagai motivator clan fasilitator atas semua program yang telah ditetapkan agar berjalan lancar. Kedua, kepem.impinan kepala sekolah dalam mengatasi kendala-kendala kegiatan ekstra kurikuler di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo Situbondo kepala sekolah melakukan kerjasama terhadap pihak-pihak terkait unruk melengkapi sarana dan prasarana yang tidak ada di SMP Sunan Ampel Al-Ikhlas Sumberejo, siswa diberi kebebasan untuk memilih kegiatan ekstra kurikuler sesuai dengan bakat dan minatnya. Ketiga. kepala sekolah mempraktekkan kegiatan ekstra kurikuler dengan ikut andil langsung dalam menyediakan pelatih dan ikut menghadiri dalam berbagai olimpiade yang cliikuti siswa SMP baik tingkat kecamatan, kabupaten, dan propinsi. Saran untuk Kepala sekolah hendaknya meningkatkan kompetensi pelatih/pembina baik dengan cara mengikutsertakan pembina dalam berbagai pelatihan khusus dalam hidangnya masing-mas!ng maupun dengan cara lainnya agar bisa lebih meningkatkan potensi siswa sehingga siswa bisa berprestasi ditingkat nasional serta menyediakan sarana yang lebih lengkap.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mas'ulah, Mas'ulah--UNSPECIFIED
Subjects: Kepala Sekolah
Keywords: Peran Kepala Sekolah; Ekstra Kurikuler
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 13 Sep 2018 08:54
Last Modified: 13 Sep 2018 08:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27986

Actions (login required)

View Item View Item