Pengaruh aktifitas Belajar Kelompok terhadap prestasi belajar siswa SMP Ibrahimy I Sukorejo Situbondo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shaleh, Junaidi (2009) Pengaruh aktifitas Belajar Kelompok terhadap prestasi belajar siswa SMP Ibrahimy I Sukorejo Situbondo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Junaidi Shaleh_D51206218.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/27998

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: Bagaimana belajar kelompok di SMP Ibrahimy ISukorejo Situbondo? Bagaimana prestasi belajar siswa di SMP Ibrahimy I Sukorejo Situbondo? Bagaimana belajar keJompok terhadap prestasi belajar siswa di SMP Ibrahimy l Sukorejo Situbondo ? Sedangkan metode yang digunakan dalarn penelitian ini menggunakan metode observasi, interview, angket dan dokumenter, yang selanjutnya data tersebut dianalisis dengan metode statistik, yaitu menggunakan rumus Chi Kwadrat (X2). Penelitian ini bertujuan wttuk mengetahui ada dan tidaknya dampak aktifitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa di lingkungan pendidikan formal. Untuk mengetahuinya, selanjutnya digunakan runms Koefisien Kontingensi (KK). Berdasarkan dari permasalah di atas maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Adapun kegiatan kelompok (belajar kelompok) dapat berupa musyawarah/diskusi, eksperimen, karya wisata dan sebagainya sedangkan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar antara iain: Faktor Stimulus Belajar; Faktor Metode Belajar; Faktor Individual. Prestasi belajar yang telah dicapai oleh sisw' SMP I Ibrahimy adalah lebih kepada menggunakan stimulus belajar, metode belajar dan prestasi individual sehingga teiWUjudlah prestasi belajar yang diinginkan. Adapun mengenai pengaruh aktifitas belajar kelompok terhadap prestasi belajar siswa adalah tingkat agak rendah, hal ini berdasarkan atas nilai penelitian langsung terhadap Chi Kwadrat (X2) dan dilanjutkan dengan rumus Koefisien Kontingensi (KK).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shaleh, Junaidi--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Belajar Kelompok; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Sep 2018 08:20
Last Modified: 14 Sep 2018 08:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/27998

Actions (login required)

View Item View Item