Karakteristik kesarjanaan barat kontemporer dalam Studi Al Qur’an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustono, Ihwan (2018) Karakteristik kesarjanaan barat kontemporer dalam Studi Al Qur’an. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ihwan Agustono_F04314022.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Kajian al-Qur’an perspektif outsider Barat merupakan salah satu area yang penting untuk diteliti. Dalam penelitian ini dibahas pemikiran kesarjanaan Barat kontemporer dalam studi al-Qur’an, sekaligus posisi mereka terhadap kajian al-Qur’an yang telah dilakukan oleh generasi sebelumnya, dengan titik fokus kajian yang terletak pada tiga masalah utama, yaitu: Bagaimana bentuk periodisasi studi al-Qur’an di Barat sejak awal kemuculannya pada abad ke-12 sampai dengan era kesarjanaan kontemporer saat ini berdasarkan karakteristik yang dimilikinya; Di mana posisi kesarjanaan Barat kontemporer terhadap pemikiran yang berkembang pada era revisionis abad ke-20; dan Bagaimana metodologi yang ditawarkan oleh kesarjanaan kontemporer dalam studi al-Qur’an. Pembahasan ini dianggap penting karena masih minimnya penelitian serupa yang secara komprehensif dapat menunjukkan proses dialektika “continuity and change” dalam perkembangan studi al-Qur’an di Barat dari satu periode ke periode lainnya. Selain itu, dengan adanya kerjasama akademis antara outsider dan insider dalam studi al-Qur’an yang sudah terjalin pada abad ke-21 ini, berbagai pemikiran baru yang ditawarkan oleh kesarjanaan Barat kontemporer telah menemukan semangatnya yang jauh lebih optimis, dialogis, dan akademis ketimbang skeptis, apologetis, dan polemis seperti generasi sebelum-sebelumnya yang diharapkan dapat memberikan perspektif baru dan berbeda dalam kajian akademis terhadap al-Qur’an, khususnya di Indonesia.
Kajian ini menggunakan pendekatan studi agama (religious studies) dalam perspektif outsider. Dalam penelitian ini, karya-karya seputar kajian al-Qur’an yang ditulis oleh sejumlah sarjana Barat non-Muslim kontemporer akan dianalisis untuk menemukan corak pemikiran, metode dan pendekatan yang mereka tawarkan dalam studi al-Qur’an, sekaligus menjelaskan posisi mereka terhadap berbagai pendapat kontroversial dari para sarjana revisionis abad modern yang telah ada sebelumnya. Di sini penulis menemukan: (1) Berdasarkan karakteristik yang dimiliki, studi al-Qur’an di kesarjanaan Barat, sejak pertama kali muncul pada abad ke-12 sampai dengan era kontemporer saat ini, dapat dikelompokkan ke dalam lima periode waktu; (2) Sarjana Barat kontemporer berpandangan bahwa berbagai kajian kontroversial yang digagas oleh John Wansbrough dan para sarjana revisionis abad modern lainnya telah terbukti gagal karena tidak mampu memberikan konstribusi positif sama sekali terhadap diskursus kajian al-Qur’an selain hanya hal-hal yang bersifat kontroversi, polemik, dan menimbulkan arus penolakan serta kritik yang besar dari para sarjana pengkaji al-Qur’an, baik Muslim maupun non-Muslim; (3) Dari sini, kesarjanaan Barat kontemporer menawarkan pendekatan baru, yakni studi al-Qur’an berbasis intertekstualitas, dan mengkajinya sebagai sebuah teks sastra. Kesimpulan tersebut dianggap penting mengingat masih banyaknya sarjana Muslim yang belum memahami secara lebih utuh seputar perkembangan pemikiran yang mewarnai kajian al-Qur’an di dunia Barat, sehingga mereka terjebak pada dua hal yang sama-sama kurang tepat, yaitu antara fanatik buta maupun anti pati yang berlebihan. Penemuan ini diharapkan semakin memperkaya sudut pandang segenap umat Muslim dalam melakukan pembacaan terhadap al-Qur’an.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustono, Ihwanihwan_agus@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Keywords: Studi Al Qur’an
Divisions: Program Doktor > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Agustono Ihwan
Date Deposited: 27 Sep 2018 06:44
Last Modified: 27 Sep 2018 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28026

Actions (login required)

View Item View Item