Peranan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MAN Model Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosif, Rosif (2011) Peranan Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MAN Model Bangkalan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rosif_D31207013.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28030

Abstract

Manusia sebagai khalifah dimuka butni ini perlu menempatkan diri sepanjang fitrahnya. AI-Qur'an adalah sumber pemberi arah, bagaimana seorang muslim memilih metode geraknya sesuai dengan kehendak Allah SWT. Dia lebih mengetahui, apa yang baik diperlukan manusia untuk memenuhi hasratnya, yaitu keselamatan dan kesejahteraan hidupnya didunia dan akhirat. Untuk mencapai itu, Allah SWT menurunkan perintah dan larangan dalam berbagai bentuk bagi manusia yang dinukilkan didalam Al-Qur'an dengan tersurat dan tersirat. Semua bentuk larangan dan perintah diukur sedemikian rupa, sehingga seluruhnya sesuai dengan daya kemampuan manusia itu sendiri. Pendidikan Agama Islam sejak awal merupakan salah satu usaha untuk menumbuhkan dan memantapkan kecenderungan tauhid yang telah menjadi fitrah manusia. Agama menjacli petunjuk dan penuntun kearah yang benar. Oleh karena karakter manusia meliputi tiga aspek, yaitu aspekjasmaniyah, kejiwaan dan kerobanian, alcan dapat menjadi sesuatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia bila dilandasi dengan dasar agama. Karena itu, pendidikan agama sangat berperan dalam membentuk karakter seseorang, terutama pendidikan agama itu diberikan secara intensif dan kentinew. Karena pada dasarnya memiliki karakter yang baik adalah dambaan semua orang. Karena dengan itu, ia akan dihonnati, disegani dan dicintai oleh orang di sekitamya. Berdasarkan pernyataan diatas, penulis merasa tertarik mengadakan penelitian ini, dengan rumusan masalahnya adalah: 1). Bagaimana Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MAN Model Bangkalan. 2). Sejauh mana Unsur-unsur pembentukan Karakter siswa di MAN Model Bangkalan 3). Bagaimana peran Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter siswa di MAN Model Bangkalan). Penulis Menggunakan pendekatan teoritis yang disajikan dalam bah pertama dan kedua, yang masing-masing membahas pendahuluan dan tinjauan teoritis, sedangkan dalam analisa data ada dalam bab empat. Dalam pemabahasan inipenulis mengganakan metode interviuw, obseivasi, dan dokumentasi. Dari basil penelitian penulis menemukan bahwa pelaksanaan Pendidikan Agama Islam sudah cukup baik terbukti sudah mengikuti prosedur-prosedur yang dipergunakan dalam melangsungkan proses belajar mengajar. Sedangkan mengenai karakter siswa yang baik dimiliki oleh siswa banyak 80% kearah yang baik, sehingga dapat dikatakan cukup. Dari sini maka Pendidikan Agama Islam berperan penting dalam membentuk kepribadian siswa di MAN Model Bangkalan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosif, Rosif--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pendidikan Agama Islam; karakter siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Sep 2018 08:11
Last Modified: 27 Sep 2018 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28030

Actions (login required)

View Item View Item