Perilaku produsen perspektif manajemen Sumber Daya Insani: studi kasus etos kerja perajin batik di Kampung Podak Angsana dan Kampung Toket

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kumala, Prayudi (2016) Perilaku produsen perspektif manajemen Sumber Daya Insani: studi kasus etos kerja perajin batik di Kampung Podak Angsana dan Kampung Toket. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Prayudi Kumala_F14214163.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Produsen merupakan individu yang bertanggung jawab secara langsung untuk memastikan kegiatan dalam sebuah organisasi dijalankan bersama para anggota dari organisasi. Oleh karenanya, setiap produsen harus memiliki empat tindakan sebagai berikut, perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengendalihan (controlling). Penelitian ini, menjawab pertanyaan dari rumusan masalah pertama bagaimana perilaku produsen perspektif manajemen sumber daya insani dan etos kerja perajin batik di Kampung Podak Ansana dan Kampung Toket. Tujuan penelitian ini, supaya mengetahui dan memberikan gambaran tentang perilaku prosdusen dalam perspektif manajemen sumber daya insani dan memberikan gambaran yang jelas terkait etos kerja perajin batik di Kampung Podak Angsana dan Kampung Toket. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah kualitatif. deskriptif yaitu penelitian yang berusaha mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang ada, disamping itu penelitian deskriptif terbatas pada bahan masalah keadaan atau peristiwa adanya sehingga bersifat sekedar mengungkap /memaparkan fakta. Kabupaten Pamekasan merupakan salah satu daerah batik tulis yang terkenal di Daerah Toket, dan Candi Burung, dan Podak Angsana. Telaten/tekun merupakan faktor utama dalam proses penulisan membatik sehingga menghasilkan batik yang halus yang dilakukan oleh perajin batik. Alat yang digunakan dalam proses penulisan membatik dengan genthong kain, abu tomang, sehingga memiliki keuanggulan tersendiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kejujuran, amanah, tabliqh, fathonah (SAFT) yang digunakan oleh produsen meningkatkan etos kerja perajin batik sehingga integritas, kompetensi, dan telaten/tekun sudah terpenuhi. Hal itu dilakukan dengan cara melakukan mekanisme pengelolaan yang didalam terdapat struktur serta fungsi kerja masing-masing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kumala, Prayudiprayudikumala88@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Perilaku Produsen; MSDI; Etos Kerja; Perajin Batik
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Kumala Prayudi
Date Deposited: 28 Sep 2018 03:29
Last Modified: 28 Sep 2018 03:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28032

Actions (login required)

View Item View Item