Penerapan model pembelajaran Matematika yang melibatkan KEGS pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari hasil belajar siswa di Kelas VIII SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tyas, Hanim Ayuning (2011) Penerapan model pembelajaran Matematika yang melibatkan KEGS pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel ditinjau dari hasil belajar siswa di Kelas VIII SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Hanim Hayuning Tyas_D04206025.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28036

Abstract

Proses belajar di sekolah adalah proses yang sifatnya kompleks dan menyeluruh. Banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi yang tinggi dalam belajar, seseorimg harus memiliki kecerdaSan intelektual atau Intelligence Quotient (IQ) yang tinggi, karena inteligensi merupakan bekal potensial yang alcan memudahkan dalam belajar dan giliranya akan menghasilkan prestasi belajar yang optimal. Karena hakikat inteligensi merupakan kemampuan untulc menetapkan dan mempertahankan suatu tujuan, untuk mengadakan penyesuaian dalam rangka mencapai tujuan itu, dan untuk menilai keadaan diri secara kritis dan objektif. Penelitian penerapan model pembelajaran matematika yang melibatkan KEGS ini bertujuan untuk mengetahui keterlibatan indicator emosional yang dapat diamatiselama proses pembelajaran berlangsung, aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran dengan metode ini berlangsung, serta respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran matematika yang melibatkan KEGS serta hasil belajar siswa setelah di berikan soal. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif yang dilaksanakan dalam dua pertemuan. Dengan subyek siswa kelas VIII SMP Wachid Hasyim 4 Surabaya. Data di atas menunjukkan persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua yaitu dari 37 siswa, sebanyak 31 siswa tuntas belajar dan 5 siswa tidak tuntas belajar. Rata-rata persentasi respon positif siswa terhadap pembelajaran model matematika melibatkan KEGS adalah 75,3% termasuk kategori baik. Nilai kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran yang melibatkan KEGS adalah 4,07 dan berada pada kategori tinggi. Aktivitas siswa yang selalu dilakukan ialah melaksanakan instruksi dari guru, mencermati LKS, serta berdiskusi dalam tim.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tyas, Hanim Ayuning--UNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Model matematika yang melibatkan KEGS; Kecerdasan emosional (Emotional Inteligent)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2018 09:08
Last Modified: 28 Sep 2018 09:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28036

Actions (login required)

View Item View Item