Implementasi pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick pada pembelajaran Matematika sub materi Segitiga di Kelas VII Unggulan SMP Muhammadiyah 12 Sendangagung Paciran Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Virgianita, Tiara Vifien (2011) Implementasi pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick pada pembelajaran Matematika sub materi Segitiga di Kelas VII Unggulan SMP Muhammadiyah 12 Sendangagung Paciran Lamongan. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Tiara Vifien Virgianita_D34206007.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28037

Abstract

Dalam pembelajaran matematika yang kita hadapi banyak persoalan dan kendala pembelajaran di sekolah yaitu pada rendahnya minat belajar serta prestasi belajar siswa. Pada pembelajaran seorang guru hams mempetbatilam intelektual anak tersebut. Dalam proses belajar mengajar kita barus bisa melibatkan semua siswa uatuk belajar dengan aktif melalui cara belajar yang menyenangkan. Untuk mengatasi hal tenebut upaya yang dilakukan guru diantmmya adalah. menetapkan pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick. Penelitian yang menerapkan pembelajanm aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick pada mata pelajaran matematika sub materi segitiga pada siswa Kelas Vll SMP Mnhammadiyah 12 Sendangagung Pacitan Lamongan Tahun Palajaran 2009/2010. Adapun tujuan penelitian ini adalah Mendeskripskan aktifitas guru selama penerapan pembelajaran aktif (Active Learning ) dengan strategi Talking Stick Mendeskripskan aktifitas aiswa selama penerapaii pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick, Mendeskripskan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran aktif (Active Learning ) dengan strategi Talking Stick, Mendeskripskan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran aktif (Active Learning ) dengan strategi Talking Stick. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes dan angket. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif. Berdasark.an anaJws dcskriptif disampaikan bahwa guru telah dapat melaksanakan program pcmbelajaran aktif (Active Leaming) dengan strategi Talking Stick. Dengan mengacu pada hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran aktif (Active Learning) dengan strategi Talking Stick dapat meningkatkan efektivitas guru dan siswa dalam Pembelajaran matematika sub materi segitiga pada siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 12 Sendangagung Paciran Lamongan Tahun Pelajaran 2009/20 I0 dan pembelajaran yang terjadi merupakan pembelajaran yang berpusat pada Siswa serta siswa senang terhadap Kegiatan Belajar Mengajar (K.BM).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Virgianita, Tiara Vifien--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran aktif; active learning; strategi talking stick; segitiga
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Sep 2018 09:25
Last Modified: 28 Sep 2018 09:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28037

Actions (login required)

View Item View Item