Pendidikan pesantren dalam prespektif Kyai Haji Ahmad Djauhari Khatib: studi terhadap sistem pendidikan pesantren di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zaini, R. Muhammad (2000) Pendidikan pesantren dalam prespektif Kyai Haji Ahmad Djauhari Khatib: studi terhadap sistem pendidikan pesantren di Indonesia. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
R. Muhammad Zaini_D01396149.pdf

Download (990kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menjawab pertanyaan: apa saja konsep pemikiran Kyai Haji Ahmad Djauhari Khatib tentang pendidikan pesantren, dan bagaimana kondisi system pendidikan pesantren di Indonesia? Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi yang bertujuan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan macam-macam dokumen yang terdapat dalam perpustakaan. Analisa data dalam penulisan skripsi ini menggunakan analisis kualitatif, dimana data-data tersebut di analisis dengan memakai kalimat-kalimat untuk menguraikan masalah-masalah yang ada dengan tuntas. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perpaduan system pendidikan pesantren tradisional dan modern dengan tetap berpijak pada nilai-nilai dasar, jiwa, dan tradisi kepesantrenan. Menurut KH. Ahmad Djauhari Kahtib pendidikan pesantren merupakan langkah yang tepat dalam upaya mencetak sumber daya manusia yang berkualitas (khairu ummah), baik dalam kapasitas imaniah, ilmiah dan amaliahnya secara integral.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zaini, R. MuhammadUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Pesantren
Keywords: Pesantren; Sistem Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Oct 2018 02:22
Last Modified: 02 Oct 2018 02:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28039

Actions (login required)

View Item View Item