Konsep keluarga beda agama dalam mewujudkan keluarga harmonis: studi di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Budi, Darmawan Setia (2018) Konsep keluarga beda agama dalam mewujudkan keluarga harmonis: studi di Desa Balun Kecamatan Turi Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Darmawan Setia Budi_C01211086.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian dengan judul “Konsep Keluarga Beda Agama Dalam Mewujudkan Keluarga Harmonis (Studi di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan yaitu, 1) Bagaimana relasi keluarga beda agama di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamongan 2) Bagaimana konsep anggota keluarga beda agama dalam mewujudkan keluarga harmonis di Desa Balun, Kecamatan Turi, Kabupaten Lamogan? Data penelitian tergolong ke dalam jenis penelitian lapangan. Data yang digunakan ialah data primer yang diperoleh melalui proses penggalian data yang dilakukan dengan metode observasi dan wawancara. Data dianalisis dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Masyarakat Desa Balun memahami agama sebagai sebuah simbol dari perdamaian dan kerukunan. Bagi mereka, agama menjadi pendorong utama untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis di tengah perbedaan. Sehingga keteguhan untuk mewujudkan kehidupan yang harmonis sangat kuat, (2) keluarga dan masyarakat beda agama di Desa Balun menafsirkan nilai agama, praktik keagamaan dan ritus keagamaan dari agama lain sebagai bagian dari agama yang ia anut. Hal ini mendorog terciptanya sebuah kerukunan kehamonisan dalam keluarga sehingga berimbas pada keharmonisan bermasyarakat. Dari penelitian ini, hendaknya dengan adanya keharmonisan dan kerukunan yang terwujud pada keluarga beda agama di Desa Balun ini seharusnya bisa dijadikan contoh untuk mewujudkan keharmonisan dan kerukunan dalam skala yang lebih luas. Dengan adanya temuan keluarga dengan varian agama yang berbeda-beda yang bisa mewujudkan suatu keharmonisan dan kerukunan sehingga bisa dibuat contoh untuk anggota keluarga yang memiliki keyakinan agama yang seiman, supaya bisa mewujudkan keluarga yang harmonis dan rukun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Budi, Darmawan Setiadarmawansetiabudi72@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Hukum > Hukum Perdata
Keluarga > Keluarga Islam
Keywords: Konsep keluarga beda agama
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Budi Darmawan Setia
Date Deposited: 03 Oct 2018 02:58
Last Modified: 03 Oct 2018 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28048

Actions (login required)

View Item View Item