Problematika pendidikan akhlak dan upaya mengatasinya di Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hadi, Nur (2009) Problematika pendidikan akhlak dan upaya mengatasinya di Madrasah Aliyah Roudlotul Ulum Mojoduwur Mojowarno Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nur Hadi_D01302148.pdf

Download (699kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:(1)Problematika dalam pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur; (2)Tindakan yang ditempuh sekolah (guru) untuk mengatasi problematika pendidikan akhlak di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur;(3)Peran guru bidang studi Akidah Akhlak dalam pendidikan akhlak di MA Roud1otul Ulum Mojoduwur. Dalam penelitian ini, pcnulis menggunakan pcnelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, sehingga dalam menganalisis data ,enulis menggunakan metode deskriptif kua1itatif Adapun metode pengumpulan data penulis menggunakan pengamatan berperan serta (observasi), metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian mer1unjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan akhlak: di MA Roudlotul Ulum Mojoduwur telah diupayakan secara optimal, namun dalam proses basil pendidikan akhlak be1um te;rcapai secara maksimal. Hal ini terlihat dengan munculnya berbagai problematika diant&ranya adalah problematika yang oihadapi oleh madrasah (guru) meliputi : kurangnya sopan santun pada diri siswa, masih adanya siswa yang kurang disiplin, kurang adanya kekompakan di antara µara guru, masih terbatasnya sarana dan prasarane. madrasah, adanya kecenderungan orang tua siswa menyerahkan sepenuhnya pendidikan akhlak anaknya kepada madmsa!1 (guru). Problematika yang dihadapi o1eh siswa meliputi : metode pendidikan akhJak yang kurang menyenangkan, keteladanan daripara guru dan warga masyarakat madrasah masih kurang, pengaruh teman yang kurang buik akhlaknya. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi problematika-problematika tersebut adalah upaya yang dapat dilakukan oleh madrasah (guru) yaitu: berusaha semaksimal mungkin dengan memperbaiki proses pembelajaran dengan memberikan pengertian terhadap siswa baik dari sisi materi pendidikan maupun sisi keteladanan, mensosialisasikan arti dfaiplin dan pentingnya mematuhi peraturan madrasah baik di dalam kelas maupun di luar serta memberikan sangsi berupa kredit point bagi siswa yang melanggarnya, menjalin kekompakan di antara para guru yaitu dengan diadakannya rapat koordinasi di antara para guru di bawah koordinasi kepala madrasah, mengupayakan untuk melengkapi saraua dan prasarana madrasah, melakukan koordinasi dan menyamakan visi dalam pendidikan akhlak: antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sekitar. Adapun upaya yang dapat dilakukan oleh siswa MA Roudlotul Ulum Mojoduwur yaitu: siswa masih bersikap pasif. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan infonnasi dan masukan bagi para mahasiswa para tenaga pengajar, para peneliti dan semua pihak yang membutuhkan di lingkungan Fakultas Tnrbiyah Institut Agama Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hadi, NurUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Pendidikan Islam
Keywords: Pendidikan akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2018 02:30
Last Modified: 04 Oct 2018 02:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28058

Actions (login required)

View Item View Item