Efektifitas model Pembelajaran Kooperatif dengan strategi Snow Ball pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMPN 13 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Julaikah, Julaikah (2010) Efektifitas model Pembelajaran Kooperatif dengan strategi Snow Ball pada Sub Pokok Bahasan Persamaan Linier Satu Variabel di Kelas VII SMPN 13 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Julaikah_D04205044.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28104

Abstract

Penelitian yang berjudul efektifitas model pembelajaran kooperatif dengan stategi snow ball pada sub pokok bahasan persamaan linier satu variabel di kelas VII SMP Negeri 13 Surabaya ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektifitas strategi model pembelajaran kooperatif dengan stategi snow ball. Sedangkan keefektifan pembelajaran ditinjau dari empat aspek, yaitu: aktivitas siswa, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, respon siswa terbadap pembelajaran dan basil belajar klasikal. Suatu pembelajaran dikatakan efektif jika paling sedikit tiga dari empat aspek di atas terpenuhi, dengan syarat aspek aktivitas siswa dan hasil belajar klasikal terpenuhi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah selurub siswa kelas VII SMPN 13 Surabaya dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII C yang terdiri dari 37 siswa yang diambil secara acak dengan menggunakan undian. Setelah penelitian ini dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa: 1). aktivitas siswa aktif lebib besar daripada aktivitas pasif, maka aktivitas siswa dikatakan efektif. 2). kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran menunjukkan bahwa semua rata- rata aspek memiliki kategori baik, maka kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dikatakan efektif. 3). angket respon siswa menunjukkan bahwa respon siswa terbadap model pembelajaran kooperatif dengan stategi snow ball untuk tiap aspek yang menjawab senang dan ya lebih dari 65 %, yang berarti respon siswa terhadap model pembelajaran kooperatif dengan stategi snow ball adalah positif, D. analisis tes akhir menunjukkan bahwa 31 siswa kelas VIIC dikatakan tuntas dalam belajamya, sedangkan 6 siswa lainnya tidak tuntas dalam belajamya. Sedangkan hasil belajar klasikal dikelas VIIC dikatakan tuntas dengan prosentase 83,78 %. Jadi dilibat dari kriteria keefektifan, model pembelajaran kooperatif dengan stategi snow ball maka dikatakan efektif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Julaikah, Julaikah--UNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Model pembelajaran kooperatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Oct 2018 04:57
Last Modified: 10 Oct 2018 04:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28104

Actions (login required)

View Item View Item