Perspektif teologi Islam atas dampak industrialisasi terhadap lingkungan di Kelurahan Buntaran Kecamatan Tandes Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Ima (2008) Perspektif teologi Islam atas dampak industrialisasi terhadap lingkungan di Kelurahan Buntaran Kecamatan Tandes Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ima Faridah_E01303008.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Eksistensi industri sebagai salah satu pilar penopang ekonomi negara merupakan sebuah keniscayaan. Hal ini sebagaimana yang terjadi di Kelurahan Buntaran Tandes Surabaya di samping itu ternyata industrialisasi juga bisa menimbulkan dampak negatif. terutama terhadap lingkungan hidup. Pertanyaan yang muncul adalah: 1. Bagaimana pandangan teologi Islam tentang Iingkungan hidup. 2. Bagaimana teologi Islam menyikapi dampak industrialisasi terhadap lingkungan hidup di Kelurahan Buntaran. Kecamatan Tandes Surabaya? Dalam hal ini penulis melandaskan pada konsep asasi dalam teologi. dan konsep lingkungan yang berkaitan dengan industrialisasi kemudian dibenturkan dengan data-data empirik di Kelurahan Buntaran Kecamatan Tandes Surabaya hasilnya adalah: l.ingkungan hidup yang juga mencakup manusia dalam perspektif teologi Islam merupakan ciptaan Alloh. Manusia sebagai khalifah atau pengelola lingkungan harus menjaga kelestariannya. Dampak industrialisasi terhadap lingkungan tidak dibenarkan dalam teologi Islam karena mencederai nilai tauhid. Sehingga pemilik industri harus melakukan langkah-langkah antisipasi atau pcncegahan terhadap kerusakan lingkungan hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, ImaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Teologi
Keywords: Teologi Islam; Industrialisasi
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2018 09:14
Last Modified: 11 Oct 2018 09:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28119

Actions (login required)

View Item View Item