Peran remaja Masjid Al- Falah Surabaya dalam memajukan umat Islam di bidang kepemudaan di era 80-an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Negara, Andri Kusuma (2010) Peran remaja Masjid Al- Falah Surabaya dalam memajukan umat Islam di bidang kepemudaan di era 80-an. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andri Kusuma Negara_A02305018.pdf

Download (1MB)

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana sejarah berdirinya remaja masjid AI Falah Surabaya, (2) Bagaimana peran remaja masjid Al­ Falah Surabaya dalam memajukan umat Islam di era 80-an. Berkenaan dengan itu, dalam penelitian ini digunakan metode sejarah untuk memberikan gambaran mengenai siapa sebenarnya remaja masjid Al Falah itu sehingga pada era 80an menjadi cikal bakal berdirinya remaja-remaja masjid di Jawa Timur, kemudian program apa saja yang mereka kembangkan hingga sekarang ini. Untuk menguraikan skripsi mengenai "Peran Remaja Masjid Al Falah Surabaya Dalam Memajukan Umat Islam Dibidang Kepemudaan Di Era 80an", disini penulis menggunakan teori "Peran". Peran disini mempunyai beberapa definisi, yang pertama peran menunjuk pada karakterisasi yang disandang untuk dibawakan oleh seseorang actor dalam sebuah pentas drama, yang kedua peran sebagai fungsi yang dibawakan seseorang ketika menduduki suatu posisi dalam struktur social, dan yang ketiga adalah peran seorang actor adalah suatu batasan yang dirancang oleh actor lain, yang kebetulan sama-sama berada dalam satu penampilan peran. hubungan antar pelaku actor dengan pelaku actor yang lain bersifat saling terkait dan saling mengisi; karena dalam konteks social, tidak satu peran pun yang dapat berdiri sendiri tanpa yang lain. Dalam penulisan ini penulis menggunakan metode penelitian sejarah yang dikemukakan oleh Kuntowijoyo seperti heuristic, kritik, interpretasi dan historiografi. sehingga dapat di simpulkan bahwa remaja masjid al Falah berdiri pada tanggal 10 Muharrom 1439 H, bertepatan dengan tanggal 10 Desember 1978 M, kemudian peran remaja masjid al Falah dalam memajukan umat islam di bagi menjadi tiga, antara lain pengkaderan, pembinaan mubaligh muda dan kewirausahaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Negara, Andri KusumaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pemuda Islam
Sejarah > Islam
Keywords: Remaja; Masjid Al- Falah Surabaya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Arifah Wikansari------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2018 02:49
Last Modified: 16 Oct 2018 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item