Pola pembentukan karakter anak melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawarah, Shabahatul (2009) Pola pembentukan karakter anak melalui pendidikan ramah anak dalam perspektif pendidikan agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Shabahatul Munawarah_D01205120.pdf

Download (626kB) | Preview

Abstract

Masalah seputar kehidupan anak telah menjadi perhatian sejak lama. Apalagi di era globaliasasi saat ini, seiring dengan pergeseran pranata sosial yang mengakibatkan maraknya tindakan asusila dan kekerasan, maka diperlukan adanya perlindungan terhadap hak-hak anak khususnya anak-anak Indonesia dan hal itu sangat berpengaruh terhadap pembentukan karakter anak. Dengan menciptakan lingkungan yang ramah anak adalah salah satu solusinya. Dimana yang ramah anak setidaknya terdiri ada minimal ada 5 (lima) indikasi sebuah kawasan hidup yang berada dalam kategori ramah anak: anak terlibat dalam pengambilan keputusan tentang masa depan diri, keluarga, dan lingkungannya, kemudahan mendapatkan layanan dasar pendidikan, kesehatan dan layanan lain untuk tumbuh kembang, adanya ruang terbuka untuk anak dapat berkumpul, bennain, dan berkreasi dengan sejawatnya dengan aman serta nyaman, adanya aturan yang melindungi anak dari bentuk kekerasan dan eksploitasi, tidak adanya diskriminasi dalam hal apapun terkait suku, ras, agama, dan golongan. Dalam Islam anak juga memiliki hak yang di tuntut dari orang tua. Diantara hak anak dari orangtua adalah:hak memperoleh kasih sayangdan perhatian, hak memperoleh bimbingan, dan hak mengutarakan dan di dengarkan pendapatnya. Oleh karenanya penulis mengambil judul Pola Pembentukan Karakter Anak Melalui Pendidikan Ramah Anak Dalam Perspektif Pendidikan Agama Islam. Dengan rumusan masalah : ingin mengetahui bagaimana pola pembentukan karakter anak melalui pendidikan ramah anak, ingin mengetahui bagaimana pola pembentukan karakter anak pendiclikan ramah anak dalam pendidikan Islam dan ingin mengetahui adakah perbedaan secara umum dengan pendidikan Islam. Skripsi ini tergolong metode penelitian studi pustaka ( library research) dengan pendekatan deduktif. Metode pengumpulan data berupa dokumen yaitu pengumpulan data yang diambil dari buku-buku, majalah, undang-undang dan lain sebagainya. Dan analisis data menggunakan metode deduktif dan analisis komparatif. Dengan hasil penelitian tentang pola pembentukan karakter anak melalui pendidikan ramah anak secara umum kemudian dalam perspkektif pendidikan agama Islam mulai dari lingkungan kelurga, sekolah dan masyarakat serta perbedaan dan persamaan konsep pendidikan ramah anak antara keduanya. Penulisan skripsi di akhiri dengan kesimpulan bahwa dengan penerapan konsep pendidikan ramah anak baik secara umum maupun dalam pendidikan Islam meskipun terdapat perbedaan dalam landasannya dimana dalam perspektif pendidikan agama Islam berlandaskan pada al-Quran dan as-Sunnah sedangkan konsep secara umum berlandaskan pada UU No. 23 Tahun 2002 tentang perlindungan nak, namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk membentuk anak yang berkarakter positif (berakhlakul karimah) dengan pendekatan kasih sayang dan berbasis humanistik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawarah, ShabahatulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Anak
Pendidikan Islam
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Pembentukan karakter; anak; pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2018 07:23
Last Modified: 16 Oct 2018 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28157

Actions (login required)

View Item View Item