Analisis konsep filsafat pendidikan perenialisme dan aplikasinya dalam pendidikan agama Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafida, Rizanul (2009) Analisis konsep filsafat pendidikan perenialisme dan aplikasinya dalam pendidikan agama Islam. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rizanul Chafida_D01205127.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Skripsi yang diajukan ini merupakan hasil penelitian. Analisis Konsep Filsafat Pendidikan Perenialisme dan Aplikasinya dalam Pendidikan Agama Islam merupakan suatu uraian mendalam terhadap konsep pemikiran filsafat Perenialisme yang menjadi dasar pemikiran pendidikan selama ini yang kemudian diterapkan pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menambah wacana pendidikan Islam dan pengembangan pendidikan Islam. Sumber penelitian ini diantaranya adalah buku-buku yang berkaitan dengan pemikiran filsafat perenial, buku mengenai filsafat pendidikan, dan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan content analysis. Sedang dalam penarikan kesimpulan menggunakan metode deduktif (umum-khusus) dan metode induktif (khusus-umum). Adapun yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya : 1) Bagaimana konsep pemikiran filsafat perenialisme dalam pendidikan dan perspektif pendidikan islam? 2) Bagaimana penerapan konsep filsafat perenialisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? 3) Apa saja kelebihan dan kekurangan dari aplikasi konsep filsafat perenialisme dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam? Aspek kajian penerapan perenialisme dalam pendidikan agama Islam antara lain adalah tujuan pendidikan sebagai upaya pewarisan budaya dan mempertahankan fitrah peserta didik, materi pembelajaran meilurut perenialisme, pengembangan kurikulum dan pemilihan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Pemikiran perenialisme yang cenderung regresif: tradisionalis dan konservatif menyebabkan penerapan perenialisme dalam pendidikan agama Islam memiliki
kelebihan dan kekurangan yang dibahas di akhir pembahasan skripsi ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafida, RizanulUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Filsafat
Pendidikan Islam
Keywords: Filsafat; pendidikan perenialisme; pendidikan agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 16 Oct 2018 08:28
Last Modified: 16 Oct 2018 08:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28162

Actions (login required)

View Item View Item