Penerapan pembelajaran Matematika model kooperatif tipe stad dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokoksimetri lipat dan simetri putar di kelas V MI Haji Hasyim Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hayati, Nurmala (2010) Penerapan pembelajaran Matematika model kooperatif tipe stad dengan menggunakan alat peraga pada sub materi pokoksimetri lipat dan simetri putar di kelas V MI Haji Hasyim Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Nurmala Hayati_D04205028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit, berdasarkan hasil wawancara dengan siswa SD atau MI pada umumnya mereka mengalami kesulitan dalam mempelajari materi matematika. Menurut teori perkembangan piaget perkembangan kognitif anak SD berada pada tahap operasi konkrit, sedangkan obyek matematika tergolong abstrak. Untuk membantu mereka dalam Dalam penelitian ini materi yang dibahas adalah sub materi pokok simetri lipat dan simetri putar yang berhubungan dengan bangun datar, sedangkan bangun datar merupakan materi •yang bersifat abstrak sehingga siswa memerlukan benda ko it agar dapat memahami matri tersebut. MI Haji Hasyim Surabaya dipilih sebagai tempat penelitian karena di sekolah ini belum pernah dilaksanakan pemberajaran dengan menggunakan alat peraga untuk sub materi pokok simetri lipat dan simetri putar. Untuk itu dalam penelitian ini penulisan mencoba menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mendiskripsikan tentang : (l)Aktivitas siswa selama proses pemberajaran menggunakan alat peraga, (2) hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran menggunakan alat peraga, (3) Respon siswa terhadap pembalajaran menggunakan alat peraga, basil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat sebagai berikut: (1) Bagi guru, sebagai altematif pemilihan metode pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan menggunakan alat peraga untuk mengajarkan sub materi pokok simetri lipat dan simetri putar. (2) Bagi siswa, agar siswa terlibat dari ikut serta aktif dalam pembelajaran sehingga mereka dapat memahami materi yang diajarkan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan rancangan penelitian one-shot chase study. Subyek dan tempat penelitian ini adalah siswa kelas V MI Haji Hasyim Surabaya tahun 2009/2010 yang berjumlah 13 siswa. Instrument yang digunakan adalah lembar aktivitas siswa, lembar soal tes, dan lembar angket siswa. Metode yang digunakan adalah metode pengamatan, metode tes, dan metode angket. Berdasarkan analisa data diperoleh simpulan sebagai berikut: (1) aktivitas siswa yang paling dominan adalah mengerjakan pertanyaan pada LKS dengan menggunakan alat peraga secara berkelompok, (2) basil berajar, ketuntasan belajar siswa mencapai 100% atau semua siswa tuntas belajamya, (3) sebagian besar besar siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran menggunakan alat peraga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hayati, NurmalaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Matematika
Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran; Matematika; model kooperatif tipe stad; alat peraga; materi pokoksimetri lipat dan simetri putar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 06:43
Last Modified: 18 Oct 2018 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28184

Actions (login required)

View Item View Item