Implementasi hifzhul qur’an menggunakan metode talaqqi di Jam’iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Siti Eliswatin (2009) Implementasi hifzhul qur’an menggunakan metode talaqqi di Jam’iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS). Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Siti Eliswatin Hasanah_D01205134.pdf

Download (609kB) | Preview

Abstract

Menghafal Al-Qur'an merupakan suatu pekerjaan yang sangat mulia. Baik dihadapan manusia, terutama di hadapan Allah SWT. Banyak keutamaan maupun manfaat yang dapat diperoleh dari sang penghafal, baik itu keutamaan yang diperolehnya di dunia maupun di akhirat kelak. Disamping itu pula sang penghafal Al-Qur'an sangat memegang peranan penting dalam menjaga kemurnian dan keaslian Al-Qur' an hingga akhir zaman. Menurut fathoni "menghafal Al-Qur' an itu gampang­ gampang sulit, gampang dihafal tapi sulit dijaga." Problem yang dihadapi oleh orang yang sedang menghafal Al-Qur' an memang banyak dan bermacam-macam. Mulai dari pengembangan minat, penciptaan lingkungan, pembagian waktu, sampai pada metode menghafal itu sendiri. Dari latar belakang diatas, muncul masalah yang dapat diangkat:pertama bagaimana pelaksanaan Hifzhul Qur'an menggunakan metode Talaqqi Di Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JH1\1S), kedua Apa saja faktor penghambat dan pendukung penerapan Hifzhul Qur'an menggunakan metode Talaqqi Di Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS), ketiga Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan penerapan Hifzhul Qur'an menggunakan metode Talaqqi Di Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS). Pelitian ini adalah penelitian lapangan (fieid research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif dan untuk mengumpulkan data tentang implementasi hifzliul Qur'an menggunakan metode Talaqqi di Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS), penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. setelah data terkumpul peneliti analisis dengan tehnik reduksi data, sajian data (display data) dan verifikasi simpulan data kemudian penelitian dideskriptifkan untuk mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi hifzhul Qur'an menggunakan metode Talaqqi di Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS) dilakukan dengan beberapa tahapan, yaitu: a)Tahap Persiapan di mana seorang santri sebelum menyetorkan hafalan pada ustadz, mereka mengulang-ulang hafalannya sampai benar-benar lancar, b)Tahap Pelaksanaan yaitu tahap berlangsungnya pelaksanaan metode talaqqi, di mana para santri bergantian menyetorkan hafalan tambahan atau muroja' ah langsung kepada ustadz. Adapun faktor penghambatnya yaitu waktu, kurang menyadari manfaat metode talaqqi, kurang istiqomah. dan faktor pendukungnya yaitu sarana dan prasarana, adanya pembinaan fashohah, qiro'at. Solusi dalam mengatasi hambatannya ialah menambah jam mudarosah ba'da asyar, memberi motivasi tentang pentingnya metode talaqqi, mengabsensi dan memberi buku raport yang dievaluasi setiap l bulan sekali dan 4 bulan sekali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Siti EliswatinUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Hifzhul qur’an; metode talaqqi; Jam'iyyatul Huffazh Mahasiswa Surabaya (JHMS)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2018 07:28
Last Modified: 18 Oct 2018 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28194

Actions (login required)

View Item View Item