Nilai spiritual dalam pengobatan perguruan beladiri Sinar Perak Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilfan, Saiful (2017) Nilai spiritual dalam pengobatan perguruan beladiri Sinar Perak Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
Saiful Ilfan_E01212009.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Spiritual ialah pengalaman manusia sacara umum dari suatu pengertian akan makna, tujuan dan moralitas. Spiritual juga dapat di artikan sebagai keseluruhan alam semesta, karena spiritual adalah salinan dari-Nya, dimana segala hal yang ada di dalam alam semesta, terjumpai dalam jiwa. Tahapan spiritual pada umumnya juga dimiliki oleh semua manusia. Dalam pengaplikasian spiritual juga di adopsi atau di terapkan oleh Perguruan Beladiri Sinar Perak. Perguruan Beladiri Sinar Perak adalah salah satu perguruan beladiri yang ada di Indonesia. Perguruan Beladiri ini di dirikan oleh Ir.Ismanu Herlambang atau Ustadz Danu, pada 24 Desember 1990. Perguruan ini, memiliki perbedaan dari perguruan beladiri yang lain.perguruan beladiri ini dalam pengembangannya serta pengarahan potensi anggotanya lebih memfokuskan kepada kesehatan jasmani maupun rohani khususnya bagi para anggotanya dan juga pada masyarakat umum. Perguruan Beladiri Sinar Perak juga merupakan salah satu perguruan beladiri di Indonesia yang memiliki metode-metode pengobatan atau penyembuhan berbagai macam penyakit, dan didalam metodenya menggunakan penerapan spiritual yang berdasarkan asas keislaman sekaligus menjadikan Al-Quran sebagai dasar penyembuhan. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana nilai-nilai spiritual yang terdapat dalam metode pengobatan Perguruan Beladiri Sinar Perak. Skripsi ini adalah penelitian lapangan (fil research) yang mengambil tempat di Perguruan Beladiri Sinar Perak cabang Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif secara lisan maupun tertulis tentang orang-orang yang terkait sekaligus bagaimana perilaku yang diamati. Dari penelitian ini, penulis menemukan bahwa pengobatan atau penyembuhan dalam Perguruan Beladiri Sinar Perak memiliki metode-metode yang dalam proses penyembuhannya memiliki nilai spiritual, sekaligus dalam metode pengobatan yang di lakukan oleh perguruan Beladiri Sinar Perak turut membantu masyarakat dalam ber-ikhtyar dalam penyakit yang di derita baik fisik maupun psikis dan tidak bertolak belakang dengan metode pengobatan medis,atau sebagai penunjang metode medis(kedokteran).selain itu Perguruan Beladiri Sinar Perak juga berupaya dalam pengembangan spiritualitas yang diaplikasikan dengan ber akhlak mulia sesuai Nabi Muhammad Saw.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilfan, Saifulwongurip1@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Filsafat > Filsafat Agama
Psikoterapi
Keywords: Spiritual; beladiri perguruan Sinar Perak
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: ILFAN SAIFUL
Date Deposited: 26 Oct 2018 07:01
Last Modified: 11 Mar 2019 07:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28232

Available Versions of this Item

  • Nilai spiritual dalam pengobatan perguruan beladiri Sinar Perak Surabaya. (deposited 26 Oct 2018 07:01) [Currently Displayed]

Actions (login required)

View Item View Item