Peran pendekatan matematika akhlak dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi akhlak di Minu Tropodo Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Handayani, Wiwik (2009) Peran pendekatan matematika akhlak dalam meningkatkan pemahaman siswa pada bidang studi akhlak di Minu Tropodo Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Mu'alifah_D34206014.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28279

Abstract

Guru membawa misi penyempurnaan akhlak. Dalam pemahaman ini tidak hanya dibatasi pada guru yang mengajarkan studi keagamaan semata, karena setiap ilmu yang dimiliki setiap guru, baik bidang sains, sosial dan lainnya pada hakikatnya bersumber dari yang Maha Esa yaitu Allah SWT. Karena hakikat ilmu berasal dari Allah, maka setiap ilmu yang diajarkan pasti melahirkan akhlakul karimah. Dengan demikian setiap ilmu membawa misi pembinaan akhlak, akhlak kepada khaliq maupun akhlak terhadap makhluk secara mulia dan terpuji. Begitu pula dengan matematika, matematika merupakan subjek yang sangat penting dalam sistem pendidikan diseluruh dunia. Bahkan ada yang berpendapat bahwa ''Negara yang mengabaikan pendidikan matematika sebagai perioritas utama akan tertinggal dari kemajuan segala bidang terutama sains dan tegnologi, dibanding dengan negara lainnya yang memberikan tempat bagi matematika sebagai subjek yang sangat penting." Hal ini dikarenakan matematika sejak peradaban manusia bennula, memainkan peranan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini di latar belakangi oleh masih rendahnya akhlak sebagian besar masyarakat indonesia khususnya akhlak para generasi mudah sekarang ini. Salah satu penyebabnya adalah kurang membudayanya pembelajaran akhlak di tengah-tengah kehidupan masyarakat kita. Dan mungkin saja dikarenakan minimnya pemahaman siswa pada bidang studi akhlak (PAI) yang di ajarkan di sekolah mereka.dan merupakan salah satu altematif yang dapat ditempuh untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membudidayakan pembelajaran akhlak serta melestarikan norma­ norma susila pada masyarakat khususnya pada generasi muda kita. Penelitian ini dilakukan di MINU Tropodo Waru Sidoarjo, jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, test, interview dan dokumentasi data yang diperoleh dianalisis secara diskripstif dan dianalisis dengan uji-t. Berdasarkan analisis data yang diperoleh: kemampuan guru dalam mengelola proses pembelajaran matematika akhlak mendapatkan skor rata-rata 3,63 (sangat baik) sehingga dikatakan bahwa proses pembelajaran matematika akhlak di MINU Tropoco Waru Sidoarjo sangat efektif, Adapun mengenai pemahaman siswa pada bidang studi Akhlak di MINU Tropodo Waru Sidoarjo tennasuk dalam kategori baik. Berdasarkan basil tes yang penulis berikan untuk mengukur pemahaman siswa pada bidang studi Aqidah Akhlak pada pokok bahasan jujur dan menghormati tetangga, penulis mendapatkan nilai rata-rata 7,78 yang kemudian dikonsultasikan kepada kriteria raport MINU Tropodo Waru Sidoarjo clan tennasuk dalam kategori baik karna nilai rata-rata yang diperoleb lebih dari 7,5 Ketuntasan hasil belajar siswa dilihat dari basil post test diperoleb 66 siswa dari 70 siswa tuntas belajar.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Handayani, WiwikUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Akhlak
Matematika
Keywords: Matematika akhlak; bidang studi akhlak
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : samid library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2018 02:09
Last Modified: 01 Nov 2018 05:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28279

Actions (login required)

View Item View Item