ILMU LADUNNY DALAM AL QUR’AN SURAH AL KAHFI AYAT 65 : TELAAH PENAFSIRAN KLASIK DAN MODERN

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

As’adi, As’adi (2015) ILMU LADUNNY DALAM AL QUR’AN SURAH AL KAHFI AYAT 65 : TELAAH PENAFSIRAN KLASIK DAN MODERN. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah pertama, bagaimana penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan Surah al-Kahfi ayat 65, karena dari dua periode ini penafsiran sudah mempunyai basis yang berbeda-beda. Serta kekurangan dan kelebihan dari dua model penafsiran tersebut.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memaparkan dan memproporsionalkan penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan Surah al-Kahfi ayat 65. Supaya bisa dipahami sebagaimana mestinya. Karena dari dua penafsiran yang berbed a ini memunculkan dua pemahaman yang yang berbeda pula. Sehingga dari penafsiran yang berbeda dapat dipahami sebagaimana mestinya dan bisa sesuai dengan keadaan zaman yang berkembang.
Dalam menjawab permasalahan di atas, penelitian ini menggunakan jenis penelitian kepustakaan (library research) dengan metode penyajian data secara deskriptif dan analitis. Deskriptif analitis adalah menggambarkan bagaimana kedua model penafsiran Klasik dan Modern dalam menafsirkan surah al-Kahfi ayat 65. Kemudian dimunculkan kekurangan dan k elebihanya.
Penelitian ini dilakukan karena adanya perbedaan penafsiran Klasik dan Modern, yang keduanya sudah memiliki basis masing-masing. Penafsiran Klasik yang didominasi oleh tafsir bi al-Ma’tsur berbasis Quasi kritis, sedangkan penafsiran Modern (Modern kontemporer) telah berbasisi nalar kritis dan sudah dikaitkan dengan berbagai ilmu pengetahuan. Seperti penafsiran surah al-Kahfi ayat 65. Ayat ini menjelaskan tentang seorang hamba yang mendapatkan ilham dari Allah SWT yaitu kenabian dan ilmu.
Aplikasi dari penafsiran klasik dan modern tentang surah al-Kahfi ayat 65, yaitu ketika pada masa klasik surah al-Kahfi ayat 65 ditafsirkan ilmu ghaib sehingga menimbulkan pemahaman yang global. Tetapi ketika dalam penafsiran modern surah al-Kahfi ayat 65 ditafsirkan ilmu Ladunny, yaitu ilmu yang bisa diterima langsung melalui Ilham, Intuisi atau Inspirasi, dari sisi Tuhan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah ketika Nabi Musa mendapatkan teguran dari Allah SWT karena Musa merasa orang yang paling pandai. Padahal ada hamba Allah SWT yang lebih pandai darinya, yaitu Khidir. Khidir adalah seorang hamba yang mendapatkan ilmu yang diberikan langsung oleh Allah SWT tanpa perantara. Dalam hal ini penafsiran Klasik hanya menafsirkan secara global saja, seperti ilmu yang diberikan langsung dari Allah SWT itu disebut ilmu Ghaib, tetapi ketika dalam penafsiran Modern ditafsirkan Ilmu Ladunny atau Intuisi, yaitu ilmu yang bisa diterima langsung melalui Ilham, Intuisi atau Inspirasi, dari sisi Tuhan, baik itu berupa suatu penemuan yang Empiris ataupun tidak Empiris

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Achmad Cholil Zuhdi
Creators:
CreatorsEmailNIM
As’adi, As’adiUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Tafsir
Keywords: Ilmu Laduni; Ladunny; Al Qur’an; Al Kahfi; Tafsir Klasik; Tafsir Modern
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 20 Nov 2015 09:20
Last Modified: 20 Nov 2015 09:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/2829

Actions (login required)

View Item View Item