Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka: studi multi kasus di SD YIMI full day school Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Karimah, Tsaniyatul (2018) Internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka: studi multi kasus di SD YIMI full day school Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsaniyatul Karimah_F02315082.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pesatnya perkembangan teknologi dan inforamasi saat ini, sehingga diperlukan penanaman nilai agama sebagai pondasi agar tidak terkena dampak negatif dari perkembangan tersebut dan sebagai media alternatif penanaman nilai tersebut yaitu melalui ekstrakurikuler pramuka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses, implikasi, faktor pendukung dan penghambat internalisasi nilai-nilai pendidikan Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SD YIMI Full Day School Gresik dan SD NU 1 Trate Gresik. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, tahap selanjutnya adalah mengklasifikasikan data sesuai dengan rumusan masalah, kemudian menganalisis data tersebut menggunakan teknik analisis deskriptif, sehingga ditarik suatu temuan penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa proses internalisasi nilai pendidikan Islam (aqidah, syari’ah, dan akhlak) melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dikedua sekolah tersebut menggunakan proses transformasi nilai, transaksi nilai, dan transinternalisasi nilai. Implikasi nilai-nilai tersebut adalah perkembangan potensi jasmani, rohani, dan akal. faktor pendukung dan penghambat disetiap sekolah hampir sama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Karimah, Tsaniyatultsaniyatulkarimah@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Ekstrakurikuler
Keywords: Internalisasi; nilai-nilai pendidikan Islam; Pramuka
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Karimah Tsaniyatul
Date Deposited: 06 Nov 2018 02:28
Last Modified: 09 Jan 2019 03:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28292

Actions (login required)

View Item View Item