Dakwah PCNU Pamekasan melalui program ngaji kitab kuning di Radio Ralita FM untuk penguatan paham ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idris, Muhammad Ahnu (2018) Dakwah PCNU Pamekasan melalui program ngaji kitab kuning di Radio Ralita FM untuk penguatan paham ahlussunnah wal jamaah an-nahdliyah. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ahnu Idris_F12716327.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini meneliti tentang strategi dakwah yang digunakan oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan dalam program Ngaji Kitab Kuning (Bahasa Madura) yang disiarkan di Ralita FM. Selain itu, tulisan ini juga berusaha mengungkap penyampaian pesan dakwah serta respon masyarakat terhadap dakwah PCNU Pamekasan dalam program tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah kualitatif naturalistik dengan pendekatan deskriptif. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk mendeskripsikan segala hal yang saat ini berlaku. Di dalamnya terdapat upaya mendeskripsikan, mencatat, analisis dan menginterpretasikan kondisi yang sekarang ini terjadi atau ada. Dengan kata lain penelitian deskriptif kualitatif bertujuan untuk memperoleh informasi informasi mengenai keadaan yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) strategi dakwah yang digunakan oleh PCNU Pamekasan adalah Strategi Tilawah; 2) sedangkan tema besar dakwah PCNU Pamekasan dapat dibagi menjadi tiga, yaitu: akidah, shariah dan tasawuf; 3) penyampaian pesan-pesan dakwah melalui Strategi Tilawah oleh PCNU Pamekasan disambut baik oleh masyarakat, karena mampu merubah pemahaman (kognitif), sikap (afektif) dan perilaku masyarakat (psikomotorik).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idris, Muhammad Ahnuputra.nusantarasta63@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dakwah
Dakwah > Dakwah, Strategi
Radio - Penyiaran
Keywords: Dakwah; Radio; Kitab Kuning
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Idris Muhammad Ahnu
Date Deposited: 07 Nov 2018 05:05
Last Modified: 07 Nov 2018 05:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28301

Actions (login required)

View Item View Item