Penerimaan berita hoax tentang Islam di kalangan alumni Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munir, Miftahul (2018) Penerimaan berita hoax tentang Islam di kalangan alumni Pondok Pesantren Miftahul Ulum Panyeppen. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftahul Munir_F12716326.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tesis ini hendak meneliti tentang jenis berita hoax dan penerimaan alumni pesantren Miftahul Ulum Panyeppen yang ada di Pamekasan Madura terhadap berita hoax tentang Islam. Tesis ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode penelitian menggunakan Focous Group Discussion (FGD). Teori yang digunakan adalah analisis resepsi dan teori Stuart Hall tentang Encoding dan Decoding. Setelah dilakukan FGD, ditemukan bahwa pemahaman alumni pesantren Miftahul Ulum Panyeppen masih beragam terhadap hoax. Alumni pesantren yang berada di masyarakat dengan menjadi kiai dan telah lama keluar dari pesantren cenderung tidak memahami tentang hoax. Demikian juga alumni pesantren yang menjadi tokoh masyarakat. Namun alumni pesantren yang menjadi aktivis dan mahasiswa mengerti tentang hoax. Termasuk juga alumni pesantren yang menjadi politisi. Pemahaman yang berbeda juga bersamaan dengan pemaknaan yang juga beragam terhadap hoax tentang Islam. Terdapat alumni yang memaknai bahwa hoax berkembang sebagai alat propaganda dari oposisi untuk mencemarkan nama baik pemerintah. Demikian juga terhadap pemaknaan bahwa banyak hoax tentang Islam adalah dikarenakan gagalnya pemerintah dalam melaksanakan amanat konstitusi.Juga terdapat yang memaknai bahwa Islam sekarang memang didzalimi oleh penguasa. Adapun metode penelitian yang di gunakan adalah pendekatan kualitatif dengan mengunakan metode wawancara mendalam dan Focus Group Discusian. Sebagaimana dalam tradisi cultural studies, maka metode untuk dapat mengungkap basis penelitian tentang penerimaan alumni pesantren terhadap berita hoax tentang Islam adalah dengan wawancara dan FGD. Sedangkan penelitian menggunakan teori Stuart Hall tentang encoding dan decoding, juga ditemukan bahwa posisi dominan yang pemaknaannya diakui secara umum terjadi pada alumni yang menjadi kiai.Sementara yang negoisasi, adalah alumni yang jadi mahasiswa dan aktivis. Sisanya yang termasuk bagian dari opposition adalah alumni yang politisi.Penulis dalam tesis ini hanya meneliti jenis dan penerimaan berita dikalangan alumni pesantren ini menjadi kekurangan penulisan ini, bagi penulis selanjutnya kami sarankan agar penelitian bisa dilakukan dengan meneliti budaya dan proses konsumsi berita.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munir, Miftahulreng.palengaan9@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Komunikasi
Keywords: Hoax; Analisis Resepsi; Alumni Pesantren
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Munir Miftahul
Date Deposited: 07 Nov 2018 04:50
Last Modified: 07 Nov 2018 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28302

Actions (login required)

View Item View Item