Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli Aksesoris dengan system pesanan di Desa Brakas Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ernawati, Ernawati (2011) Tinjauan hukum Islam terhadap jual beli Aksesoris dengan system pesanan di Desa Brakas Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Ernawati_C02207114.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28306

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian lapangan (fi eld research) yang berjudul "Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual Beli Aksesoris dengan Sitem Pesanan di Desa Brakas Kecamatan Raas Kabupaten Sumenep". Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: l. Bagaimana inekanisme jual beli aksesoris dengan sitem pesanan yang terjadi di Desa Brakas Kecamatan Raas? 2. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jual beli aksesoris dengan sistem pesanan yang terjadi di Desa Brakas Kecamatan Raas? Dalam penelitian ini data yang dikumpulkan adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dengan penjual dan pembeli, telaah pustaka, kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif verifikatif dengan menggunakan pola pikir deduktif untuk mendapatkan kesimpulan yang khusus yang kemudian dianalisis dengan menggunakan Hukum Islam. Dari hasil penelitian menemukan bahwa dalam akad istisnll ', Hendaknya tidak disebutkan jangka waktu. Jika jangka waktunya ditentukan, maka akadnya menjadi rusak. mekanisme jual beli aksesoris dengan sistem pesanan yang terjadi di Desa Brakas Kecamatan Raas adalah memesan barang aksesoris ke penjual dengan membayar 25 % harga di lunasi ketika barang pesanan sudah jadi. Selain itu dalam akad di sebutkan jangka waktu tertentu antara 20-30 hari. Dakam hukum Islam sistem pesanan tersebut termasuk bai' istisna yaitu: pihak penjual dan pembeli bersepakat atas harga serta sistem pembayaran, apakah pembayaran di muka, melalui cicilan, atau di tangguhkan sampai suatu waktu pada masa yang akan datang. Menurut Wahbah az-Zuhaili: hendaknya di dalam akad istisna tidak menyebutkan jangka waktu, karena itu jual beli dengan sistem pesanan yang terjadi di Desa Brakas Kecamatan Raas tidak sesuai dengan hukum Islam karena ada jangka waktu, sebagaimana pendapat Wahbah az-Zuhaili.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ernawati, Ernawati--UNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Jual Beli
Keywords: Jual beli; Aksesoris; system pesanan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 06:25
Last Modified: 01 Nov 2018 06:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28306

Actions (login required)

View Item View Item