Studi komparasi tentang penetapan harga Sembako menurut Ibnu Qayyim dan Ibn Taimiyah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Dwi (2011) Studi komparasi tentang penetapan harga Sembako menurut Ibnu Qayyim dan Ibn Taimiyah. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Dwi Lestari_C02206055.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28307

Abstract

Islam dalam sistem ekonomi bebas, pasar memainkan peran yang penting. Pasarlah yang menentukan jenis dan jumlah komoditi yang hendak diproduksi. Dalam sistem pasar yang demikian konsumen merupakan faktor yang penting dan menentukan kedudukan pasar tersebut. Konsumen akan menentukan barang dan jasa yang mereka hendaki. Dengan perubahan sosial dan pengaruh dalam persoalan muamalah, Ibn Qayyim al-Jawziyyah dalam kaidahnya memperbolehkan penetapan harga sembako apabila kenaikan harga itu disebabkan oleh para pedagang. Penelitan ini mengangkat masalah: bagaimana pemikiran lbn Qayyim al-Jawziyah dan lbn Taymiyah tentang Penetapan harga sembako? Bagaimana persamaan dan perbedaan pemikiran lbn Qayyim al-Jawziyah dan Ibn Taymiyah tentang penetapan harga sembako? Tujuan dalam pembahasan ini untuk mengetahui pemikiran lbn Qayyim al-Jawziyah dan lbn Taymiyah tentang Penetapan harga sembako. Juga untuk mengetahui persamaan dan perbedaan pemikiran lbn Qayyim al-Jawziyah dan Ibn Taymiyah tentang penetapan harga sembako. Dengan metode pengumpulan data, sumber data primer dan sekunder, dengan teknik studi bahan pustaka dan pengolahan data serta anilisis data, maka menghasilkan suatu kesimpulan. Diantaranya bahwa penetapan harga sembako menurut lbn Qayyim al-Jawziyyah adalah suatu tindakan pemerintah dalam menetapkan harga barang tersebut dengan pertimbangan keadilan bagi pemilik modal dan masyarakat. Penetapan harga sembako menurut Ibn Taymiyah adalah suatu penetapan harga sembako yang berkembang sesuai dengan mekanisme pasar tanpa adanya campur tangan pemerintah dan penetapan harga itu tidak diperbolehkan. lbn Qayyim al-Jawziyyah sependapat dengan adanya mekanisme pasar dan batasan campur tangan pemerintah dalam penetapan harga sembako. lbn Qayyim al-Jawziyyah memperbolehkan karena adanya campur tangan pemerintah dalam penetapan harga sembako, akan tetapi menurut lbn Taymiyah tidak dibolehkan karena adanya campur tangan pemerintah dalam penetapan harga sembako.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Dwi--UNSPECIFIED
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Penetapan harga Sembako; Ibnu Qayyim; Ibn Taimiyah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2018 06:30
Last Modified: 01 Nov 2018 06:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28307

Actions (login required)

View Item View Item