Analisis tafsir feminis terhadap tipologi perempuan dalam qasas al-qur'an

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tafuzi, Ittaqi (2018) Analisis tafsir feminis terhadap tipologi perempuan dalam qasas al-qur'an. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ittaqi Tafuzi_F02915180.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ragam karakter perempuan dimunculkan Tuhan melalui kisah-kisah al-Qur’an dalam berbagai tipe. Pengklasifikasian tipe para perempuan tersebut ternyata sesuai dengan teori tipologi yang disampaikan Eduard Spranger. Kajian tentang perempuan dan gerakan feminisme sendiri mulai berkembang sejak 1970an. Gerakan ini juga membangkitkan kesadaran bahwa kenyataannya penafsiran al-Qur’an (utamanya tafsir klasik) minim sekali mempertimbangkan kehadiran perempuan di dalamnya. Hampir mayoritas didominasi oleh laki-laki sebagai akibat dari kuatnya budaya patriarki. Tidak ada sudut pandang yang cukup seimbang antara sudut pandang maskulin dan feminis sekalipun ayat-ayat yang ditafsiri berbicara tentang perempuan. Sebagai penelitian yang menggunakan model deskriptif-analisis, penelitian ini berusaha mengorek informasi tentang tipologi perempuan dalam kisah al-Qur’an tersebut serta menganalisisnya dengan dimensi tafsir feminis melalui pendekatan penelitian kualitatif. Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa beberapa perempuan sesuai dengan apa yang dideskripsikan oleh Spranger dalam teori tipologinya. Kecocokan data tersebut berdasar pada bagaimana al-Qur’an mengisyaratkan watak perempuan melalui kisah yang diceritakan.Dari sekian sampel kisah para perempuan yang diambil dengan merujuk pada teori tipologi Spranger, dapat diambil kesimpulan bahwa perempuan dapat dipetakan menjadi dua; agamis dan non agamis. Ada contoh keduanya dalam masing-masing tipe kecuali untuk tipe altruis. Dua tokoh altruis yang ditampilkan merupakan perempuan yang tidak agamis. Ini membuktikan bahwa pengaruh sosial dari lingkungan sekitar (faktor eksternal) sangat besar dalam pembentukan perilaku manusia selain faktor internal sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tafuzi, Ittaqidie_ou_sie@hotmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Dirasah Islamiyah
Tafsir
Keywords: tafsir feminis; tipologi perempuan; qasas al-Qur’an
Divisions: Program Magister > Dirasah Islamiyah
Depositing User: Tafuzi Ittaqi
Date Deposited: 26 Mar 2019 08:01
Last Modified: 26 Mar 2019 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28313

Actions (login required)

View Item View Item