Analisis hukum Islam tentang jaminan dan penanggungan resiko kerugian dalam pembiayaan Mudharabah: studi kasus di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Bina Umat Sejahtera Montong Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mufidah, Mufidah (2010) Analisis hukum Islam tentang jaminan dan penanggungan resiko kerugian dalam pembiayaan Mudharabah: studi kasus di Koperasi Jasa Keuangan Syariah Baitul Mal Wat Tamwil Bina Umat Sejahtera Montong Tuban. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Mufidah_C02206092.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/28346

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian pustaka dan penelitian lapangan unt uk menjawab pertanyaan: 1. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap fakta disyarat kannya muqarib menyerahkan jaminan kepada ahib al-mal dalam praktik akad pembiayaan Muqarabah di KJKS BMT Bina Umat Sejahtera, Montong, Tuban? 2. Bagaimana analisis hukum Islam terhadap fakta pembebanan tanggungjawab resiko kerugian usaha ke pundak muQ8rib dalam praktik akad pembiayaan Muqarabah di KJKS BMT Bina Umat Sejahtera, Montong, Tuban? Data penelitian pustaka dihimpun melalui membaca (reading) dan mencatat (writing) serta mengklasifikannya menurut kerangka yang sudah ditent ukan sebelumnya. Sedangkan data penelitian lapangan dihimpun melalui tanya jawab secara langsung dengan DPS, Direktur, pegawai dan muqarib selaku pihak yang terlibat dalam implementasi akad Muqarabah di KJKS BMT BUS, Montong Tuban (interview) dan kajian dokumen (document). Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik Deskriptif yait u menggambarkan secermat dan selengkap mungkin data lapangan mengenai ihwal implementasi jaminan dan ihwal penanggungan resiko kerugian dalam akad Muqarabah di KJKS BMT BUS, Montong, Tuban. Serta data pustaka mengenai norma hukum Islam tentang jaminan dan penanggungan resiko kerugian. Dan dengan teknik Verifikasi yaitu menguji keselarasan implementasi jaminan dan ihwal penanggungan resiko kerugian dalam akad Muqarabah di KJKS BMT BUS Montong, Tuban dengan norma tentang jaminan dan penanggungan resiko kerugian dalam akad Muqarabah dalam hukum Islam. Hasil penelitian dari Implementasi disyarat kannya muqarib menyerahkan jaminan kepada ahib al-mal dalam akad pembiayaan muqarabah di KJKS BMT Bina Umat Sejahtera, Montong, Tuban, adalah dengan ditetapkannya jaminan dari ahib al-mal yaitu Sertifikat Tanah dan BPKB, Sedangkan dalam penanggungan resiko kerugian yang dibebankan kepada mudarib ada tiga kreteria yang ditent ukan dari pihak KJKS BMT BUS Montong, Tuban. Kesimpulan dari penelit ian skripsi ini adalah menurut hukum dapat dibenarkan karena penguasaan muqarib atas modal usaha dari mucjarib punya potensi unt uk berubah dari yad amanah ke yad qamanah (dengan konsekuensi harus mengganti) jika ia melakukan kelalaian dan/atau tindakan melampaui batas yang merugikan ahib al-mal. lmplementasi pembebanan tanggungjawab resiko kerugian usaha ke pundak mucjarib dalam praktik akad pembiayaan mucjarabah di KJKS BMT Bina Umat Sejahtera, Montong, Tuban, tidak selaras dengan hukum Islam karena kerugian yang dialami muQ8rib tidak berpangkal pada kelalaian dan/atau tindakan melampaui batas. Sejalan dengan kesimpulan diatas, maka disarankan kepada pihak KJKS BMT BUS Montong, Tuban dalam menerapkan akad Mucjarabah sesuai dengan norma-norma hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mufidah, Mufidah--UNSPECIFIED
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Keywords: Jaminan kerugian; penanggungan resiko kerugian; pembiayaan Mudharabah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 05 Nov 2018 06:45
Last Modified: 05 Nov 2018 06:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28346

Actions (login required)

View Item View Item