Penguatan Forum Siaga Truni Tangguh Penanggulangan Bencana (FSTTPB) dalam menghadapi banjir di Desa Truni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mudzakir, Midkhol (2018) Penguatan Forum Siaga Truni Tangguh Penanggulangan Bencana (FSTTPB) dalam menghadapi banjir di Desa Truni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Midkhol Mudzakir_B02213028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang tingginya ancaman dan risiko bencana banjir yang berada di Desa Truni Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Tinggi ancaman dan risiko bencana diakibatkan oleh rendahnya kesadaran masyarakat dan tidak efektifnya lembaga Forum Siaga Truni Tangguh Bencana (FSTTPB) dalam melakukan program pengurangan risiko bencana banjir. Sehingga tujuan dari pada pendampingan ini adalah membangun kesadaran masyarakat dalam menghadapi bencana banjir melalui kegiatan kampanye poster dan blusukan di Desa Truni. Penelitian ini menggunakan pendekatan Participatory Action Research (PAR), yang memfokuskan masyarakat sebagai aktor utama dalam pengurangan risiko bencana banjir. Berbagai prinsip kerja, prosedur penelitian, dan pengumpulan data yang digunakan untuk memobilisasi manusia kreatif. Karena masyarakat secara langsung ditempatkan sebaga subjek penelitian didorong untuk memecahakan persoalan secara mandiri. Melalui penguatan organisasi FSTTPB Forum Siaga Truni Tangguh Penaggulangan Bencana dengan melaksanakan kegiatan penempelan poster dan blusukan, masyarakat berperan penting dalam upaya penguarangan risiko bencana banjir di Desa Truni. Kedua kegiatan tersebut mampu menjadi stimulus bagi masyarakat Desa Truni untuk mewujudakan desa yang tangguh bencana.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mudzakir, MidkholMied.zaki@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Keywords: Penguatan organisasi; pengurangan risiko bencana; bencana banjir
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mudzakir Midkhol
Date Deposited: 08 Nov 2018 07:40
Last Modified: 08 Nov 2018 07:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28364

Actions (login required)

View Item View Item