Pendampingan masyarakat sebagai upaya pengurangan risiko bencana banjir ROB dan banjir Bandang melalui penanaman Mangrove di Dusun Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iriawati, Sintha (2018) Pendampingan masyarakat sebagai upaya pengurangan risiko bencana banjir ROB dan banjir Bandang melalui penanaman Mangrove di Dusun Sine Desa Kalibatur Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Sintha Iriawati_B72214042.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berisikan tentang risiko bencana yang dihadapi oleh masyarakat Dusun Sine, dampak yang disebabkan oleh bencana, strategi yang tepat sebagi pengurangan risiko bencana banjir rob dan banjir bandang serta hasil pencapaian pendampingan masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat dan meminimalisir risiko bencana Dusun Sine.
Penelitian ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) dilakukan dengan partisipatif. Melibatkan masyarakat secara aktif dan langsung dalam proses pendampingan. Langkah-langkah PAR adalah pemetaan, Inkulturasi, membangun hubungan kemanusiaan, penentuan agenda riset, merumuskan masalah kemanusiaan, melancarkan aksi perubahan, meluaskan skala gerakan, dan tahap evaluasi. Proses pendampingan masyarakat dengan membangun kerjasama dengan melibatkan masyarakat secara aktif dan langsung, mermuskan masalah, pendidikan bencana. Melalui proses pendampingan tersebut memunculkan gerakan perubahan seperti penanaman mangrove di bantaran sungai, rawa dan pantai yang sebelumnya belum ada. Meningkatnya kesadaran masyarakat yang semakin peduli dengan tindakan pengurangan risiko bencana di wilayahnya. Masyarakat semakin mandiri dan tanggap pada saat terjadi bencana, masyarakat tahu tindakan apa yang harus dilakukan dan selalu waspada.

Kata kunci: Pendampingan, bencana dan pengurangan risiko bencana

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iriawati, Sinthasinthadee@yahoo.comUNSPECIFIED
Subjects: Bencana alam
Pemberdayaan
Keywords: Pendampingan; bencana; pengurangan risiko bencana
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Iriawati Sintha
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:03
Last Modified: 06 Nov 2018 04:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28365

Actions (login required)

View Item View Item