Konsep Lisan dalam Al Qur'an: kajian tematik menurut Ghalib Hasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmatullah, Rohmatullah (2018) Konsep Lisan dalam Al Qur'an: kajian tematik menurut Ghalib Hasan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Rohmatullah_F12516297.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Lisan merupakan salah satu pembahasan dalam bidang studi ‘ulum alQur’an yang menarik untuk dikaji. Konsep Lisan menjadi bahan pemikiran yang terus berkelanjutan, namun mengungkapkan makna-maknanya di sini merupakan penyingkapan terhadap konsep tersebut. Ditemukan beragam makna yang variatif terhadap Lisan, namun lisan menjadi persolan yang detail dan kritis ketika dikemukakan oleh Ghalib Hasan, pemikir islam kontroversial di masa modern ini. Bahkan menurutnya, konsep Lisan yang telah ia bongkar pada akhirnya bisa membantu untuk memahami makna-makna dialog dan komunikasi yang terdapat di dalam al-Qur‟an sebagai kitab suci bagi umat Islam. Oleh karena itu, peneliti ingin mengkaji lebih dalam terhadap konsep Lisan ini menurut Ghalib Hasan dan sebagian pendapat para ulama’. Problematika yang diangkat dalam penelitian ini adalah; (1) Bagaimana konsep Lisan dalam pandangan Ghalib Hasan (2) Bagaimana keragaman makna ayat-ayat Lisan dalam al-Qur‟an menurut Ghalib Hasan (3) Bagaimana kaitan lisan dengan bahasa serta budaya menurut Ghalib Hasan. Penelitian ini dimaksudkan untuk: (1) Mengetahui bagaimana pandangan Ghalib Hasan terhadap konsep Lisan dalam al-Qur‟an (2) Mengetahui bagaimana keragaman makna Lisan dalam al-Qur‟an menurut pandangan Ghalib Hasan (3) mengetahui kaitan lisan bahasa dan budaya dalam pandangan Ghalib Hasan. Penelitian ini didasarkan pada penelitian kepustakaan (library research) yang menggunakan sumber data dari bahan-bahan primer maupun sekunder yang telah dipublikasikan. Baik dalam bentuk buku, jurnal, majalah, maupun dalam bentuk lainnya yang dianggap representatif dan relevan dengan analisa deskriptif dan konten analisis. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa, adanya beberapa makna yang berbeda tentang Lisan dalam al-Qur‟an. Ia mengatakan bahwa, pemaknaan terhadap lisan secara literlek akan mereduksi makna al-Qur‟an itu sendiri, dan secara langsung akan mempersempit makna kehebatan al-Qur‟an itu sendiri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmatullah, Rohmatullahrohmat0377@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Al Qur'an
Keywords: Lisan; Ghalib Hasan
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Rohmatullah Rohmatullah
Date Deposited: 06 Nov 2018 05:15
Last Modified: 06 Nov 2018 05:15
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28370

Actions (login required)

View Item View Item