Pengaruh Undang-Undang Agraria 1870 terhadap eksistensi komunitas Arab di Ampel Surabaya pada tahun 1870-1930 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Luthfiyah, Widatul Luthfiyah (2018) Pengaruh Undang-Undang Agraria 1870 terhadap eksistensi komunitas Arab di Ampel Surabaya pada tahun 1870-1930 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Widatul Luthfiyah_A92214114 .pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini membahas permasalahan yang dibahas meliputi: (1) sejarah munculnya Undang-Undang Agraria 1870; (2) penerapan Undang-Undang Agraria 1870; (3) dampak penerapan Undang-Undang Agraria 1870 terhadap kondisi sosial-ekonomi Komunitas Arab di Ampel Surabaya. Penulisan Skripsi ini disusun menggunakan metode penelitian sejarah dengan menempuh langkah-langkah Heuristik (Pengumpulan Sumber), Verifikasi (Kritik Sumber), Interpretasi( penafsiran sumber), dan Historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan sosiologis. Pendekatan historis menjelaskan peristiwa berdasarkan waktu kejadiannya, dimulai dari latar belakang terbentuknya Undang-Undang Agraria 1870, penerapan sampai pengaruhnya bagi komunitas Arab Ampel Surabaya. Kemudian pendekatan sosiologis mengungkap proses-proses sosial dengan bantuan teori perubahan sosial oleh Selo Soemardjan dan perkembangan ekonomi oleh Paul Alpert yang mengungkap perubahan struktur sosial sebagai salah satu dampak eksploitasi sumber produktif suatu Negara. Penerapan Undang-Undang Agraria 1870 mengakibatkan terbentuknya lapisan-lapisan sosial pada masyarakat Surabaya yang pada akhirnya menempatkan komunitas Arab Ampel Surabaya pada lapisan kedua dan berprofesi sebagai distributor ekonomi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) Undang-Undang Agraria 1870 muncul sebagai akibat adanya penyelewengan-penyelewengan pada masa Sistem Tanam Paksa yang bersamaan dengan berkembangnya Pemikiran liberal di bumi Eropa; (2) Undang-Undang Agraria 1870 diterapkan menjadi dua aturan, aturan tentang Agraria (Agrarische Besluit) dan pemberian Hak Erfpacht; (3) penerapan Undang-Undang Agraria 1870 memberikan dampak negatif berupa terbatasnya akifitas ekonomi dan kehidupan sosial komunitas Arab Ampel Surabaya, selain itu juga memberikan dampak positif berupa bersatunya kekuatan untuk melawan budaya yang dibuktikan dengan didirikannya sekolah-sekolah khusus Arab dan Pribumi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Luthfiyah, Widatul Luthfiyahwidatulluthfiyah27@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Adab
Masyarakat Islam
Keywords: Komunitas Arab; Undang-undang Agraria tahun 1870
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Luthfiyah Widatul
Date Deposited: 06 Nov 2018 04:20
Last Modified: 06 Nov 2018 04:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28373

Actions (login required)

View Item View Item