Peranan wanita sahabat Rasulullah SAW dalam perang Uhud Tahun 3 H / 625 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ansori, Muhammad Gilang (2018) Peranan wanita sahabat Rasulullah SAW dalam perang Uhud Tahun 3 H / 625 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Gilang Ansori_A92214109.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Peranan Wanita Sahabat Rasulullah saw Dalam Perang Uhud Tahun 3 H / 325 M” dengan memberikan batasan permasalahan pada tigal hal, yaitu (1) Siapa saja wanita sahabat Rasulullah saw yang ikut dalam perang Uhud? (2) Bagaimana proses terjadinya perang Uhud? (3) Apa saja peranan para kaum wanita dalam perang Uhud? Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan metode penelitian historis (sejarah). Tahapan penelitiannya menggunakan langkah-langkah: heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi (kritik sumber), interpretasi (penafsiran sumber) dan historiografi (penulisan sejarah). Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis atau pendekatan sejarah dan teori yang digunakan adalah teori peran menurut Bruce J. Biddle dan Edwin J. Thomas. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa: (1) Ada beberapa wanita sahabat Rasulullah saw yang ikut dalam perang Uhud. Mereka adalah Ummu Umarah, Shafiyah binti Abdul Muthalib, Hamna binti Jahsy, Aisyah binti Abu Bakar, Ummu Aiman, Ummu Sulaim, Rufaidah al-Anshariyah dan Fatimah az-Zahra binti Rasulullah. (2) Proses terjadinya perang Uhud, berawal dari balas dendam kaum kafir Quraisy Makkah dan berakhir pada kekalahan kaum Muslimin Madinah (3) Peranan para kaum wanita dalam perang Uhud terbagi dalam tiga bagian, yakni membantu dalam menyediakan air, membantu dalam pengobatan dan membantu memanggul senjata bersama para mujahidin.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ansori, Muhammad Gilanggilangsorry@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Sejarah Peradaban Islam
Wanita dalam Islam
Keywords: Peran wanita; sahabat Rasulullah SAW; perang Uhud
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Ansori Muhammad Gilang
Date Deposited: 07 Nov 2018 07:04
Last Modified: 07 Nov 2018 07:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28435

Actions (login required)

View Item View Item