Komunikasi pemasaran Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik dalam memperoleh kepercayaan konsumen

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Aprilia (2018) Komunikasi pemasaran Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik dalam memperoleh kepercayaan konsumen. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aprilia Trisnawati_B96214090.pdf

Download (5MB)

Abstract

Persoalan yang dikaji dalam penelitian ini, mencakup dua rumusan masalah, yakni: bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik dalam memperoleh kepercayaan konsumen pada produk Rosella Telaga Ngipik; dan bagaimana kepercayaan konsumen pada produk Rosella Telaga Ngipik. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan manajemen klasik, karena karakteristiknya sama dengan koperasi yang mana terdiri dari subbagian-subbagian dan individu-individu yang berfungsi agar organisasi dapat berjalan efisien dan efektif dalam mencapai tujuan organisasi. Sedangkan jenis penelitian kualitatif-deskriptif dengan maksud untuk memahami permasalahan yang dikaji dalam penelitian dengan mengedepankan proses komunikasi yang mendalam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kegiatan komunikasi pemasaran yang dilakukan Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik dalam memperoleh kepercayaan konsumen pada produk Rosella Telaga Ngipik lebih kepada mengimplementasikan konsep Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communications-IMC), yakni mengintregasikan berbagai saluran komunikasi pemasaran seperti halnya direct marketing, personal selling, sales promotion, dan public relations. Serta tak lupa komunikasi mulut ke mulut (Word of Mouth-WOM). Sedangkan bentuk kepercayaan konsumen pada produk Rosella Telaga Ngipik ialah adanya rasa loyalitas pada diri konsumen baik sebagai konsumen akhir (pengkonsumsi individu), konsumen komersial (membeli produk sebagai bahan dalam memproduksi produk lainnya) maupun konsumen perantara (menjualkan kembali). Dan terbentuknya kepercayaan konsumen tersebut lebih didasarkan oleh dua faktor, yakni (1) faktor brand characteristic, yang mengarah pada jenis karakteristik, brand predictability (kualitas produk yang dapat diprediksi dengan baik) dan brand competence (kemampuan produk dalam mengatasi masalah konsumen); dan (2) faktor company characteristic, yang mengarah pada jenis karakteristik, trust in company (citra dan reputasi yang didapat Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik dari induk perusahannya), company perceived motive (dapat bertindak fleksibel dalam memenuhi kepentingan konsumennya) dan company integrity (tindakan Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik yang konsisten dengan janjinya). Sehingga hal tersebut, menjadikannya lebih kepada proses terbentuknya kepercayaan konsumen pada formasi secara tidak langsung dan termasuk pada tingkat keterlibatan konsumen yang rendah (low involvement).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, Apriliaapriliatrisnawati21@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Pemasaran
Koperasi
Keywords: Komunikasi Pemasaran; Kepercayaan Konsumen; Koperasi Srikandi Berbakti Ngipik
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Trisnawati Aprilia
Date Deposited: 08 Nov 2018 06:16
Last Modified: 08 Nov 2018 06:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28445

Actions (login required)

View Item View Item