Manajemen Budaya Keagamaan pada karakter peserta didik di SMP Islam Al Amin Sukodono Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Munawaroh, Lailatul (2018) Manajemen Budaya Keagamaan pada karakter peserta didik di SMP Islam Al Amin Sukodono Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Lailatul Munawaroh_D93214058.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai kegiatan budaya keagaamaan, manajemen budaya keagamaan dan karakter peserta didik. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti mendalami fenomena-fenomena yang terjadi dilapangan kemudian menggamarkan dalam bentuk kata-kata dan kalimat. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh dari lapangan menyebutkan bahwa; (1) Kegiatan budaya keagamaan yang dikembangkan di SMP Islam Al-Amin Sukodono Sidoarjo, adalah (a) Apel pagi, pembacaan surat yasin, ikrar siswa, (b) Sholat dhuha, sholat dhuhur, dan sholat ashar berjamaah, (c) Doa pagi, dirosa dan tahfidz Al-Qur’an (d) Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ), (e) Kitab kuning, (f) Peringatan hari besar Nasional dan Keagamaan, (g) Istighosah dan Kajian kitab Ta’lim Muta’alim. (2) Strategi manajemen budaya keagamaan di SMP Islam Al-Amin Sukodono Sidoarjo, diantara lain: (a) Membiasakan untuk tetap mengkoordinasikan dan berkomunikasi dengan baik kepada guru dan karyawan, (b) Melakukan kegiatan rutin (c) Menciptakan lingkungan (d) Menciptakan situasi atau keadaan religius (agama). (3) Budaya keagamaan membentuk akhlak peserta didik, adalah: (a) Kecakapan pribadi (personal skill), (b) Kecakapan sosial (social skill), (c) Kecakapan akademik (academic skill), (d) Kecakapan vokasioanal (vocational skill).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Munawaroh, Lailatullailatulmunawaroh38@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Budaya - Agama
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Budaya Keagamaan; Strategi Manajemen Budaya Keagamaan; Karakter Peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Munawaroh Lailatul
Date Deposited: 09 Nov 2018 08:07
Last Modified: 09 Nov 2018 08:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28485

Actions (login required)

View Item View Item