Analisis fiqh siyasah terhadap pengelolaan pendapatan desa yang bersumber dari pendapatan asli desa di Desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlis, Muhammad Saiful (2018) Analisis fiqh siyasah terhadap pengelolaan pendapatan desa yang bersumber dari pendapatan asli desa di Desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Muhammad Saiful Muhlis_C95214049.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil pustaka dan penelitian lapangan dengan judul “Analisis Fiqh Siyasah terhadap Pengelolaan Pendapatan Desa yang Bersumber dari Pendapatan Asli Desa di Desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar”. Hasil penelitian ini untuk menjawab pertanyaan yang dituangkan dalam dua rumusan masalah yaitu: bagaimana pengelolaan pendapatan desa yang bersumber dari pendapatan asli desa di desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar? bagaimana analisis fiqh siyasah terhadap pengelolaan pendapatan pendapatan desa yang bersumber dari pendapatan asli desa di desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar?. Data penelitian ini dihimpun melalui wawancara dan observasi di Desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar, serta pustaka kemudian disajikan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa sumber pendapatan asli desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar adalah dari pengelolaan pasar desa dengan sistem sewa. Pasar desa terdiri dari enam ruko dan setiap penyewa ruko harus membayar uang sewa yang di beri harga sewa Rp.1000 rupiah satu meter untuk satu bulannya, uang sewa tersebut distorkan satu tahun sekali pada pihak bendahara PTPKD (Pelaksana Teknis Pengelolaan Keuangan Desa) dalam bentuk tunai. Total uang sewa pasar yang masuk pada tahun 2017 yaitu Rp.1.200.000. Dari keenam ruko sudah terkumpul uangnya lalu pihak PTPKD menyetorkan kepada pihak Bank untuk disimpan di rekening desa yang berbentuk giro. Tim PTPKD juga memiliki tugas untuk mencairkan dana tersebut saat ingin digunakan. Hasil pengelolaan pasar desa Margomulyo digunakan untuk bidang penyelenggaraan pemerintah desa. Dari pengelolaan pendapatan asli desa Margomulyo Kecamatan Panggungrejo Kabupaten Blitar sudah sesuai dengan siyasah maliyah yang orientasinya untuk kemaslahatan bersama. Pengelolaan pasar juga sesuai dengan kharraj, dengan menerapkan toleransi-toleransi dalam rangka menciptakan keharmonisan kerjasama. Sejalan dengan kesimpulan di atas, meskipun tata kelola keuangan pemerintah Desa Margomulyo sudah tertata, namun ketika ada penyelewengan terhadap pengelolaan pasar desa, tetap ditindak lanjuti secara serius dan seksama.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlis, Muhammad Saifulpatriaputra1995@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Fiqh siyasah; pendapatan desa; pendapatan asli
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Muhlis Muhammad Saiful
Date Deposited: 12 Nov 2018 07:14
Last Modified: 12 Nov 2018 07:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28508

Actions (login required)

View Item View Item