Peningkatan hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadist materi surah al-‘alaq melalui metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-‘Asy’ari Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilmiyah, Miftakhul (2018) Peningkatan hasil belajar mata pelajaran al-qur’an hadist materi surah al-‘alaq melalui metode pembelajaran mind mapping pada siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Al-‘Asy’ari Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Miftakhul Ilmiyah_D77214038.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena masih ada peserta didik yang belum memenuhi Kriteria Ketentuan Materi (KKM). Hal itu disebabkan karena ada beberapa siswa yang belum bisa membedakan antara definisi surah dan isi kandungan surah dengan baik, dan hasil belajar yang diperoleh kurang maksimal atau kurang memenuhi standart yang ditentukan. Hal ini terjadi karena siswa kurang aktif dalam proses pembelajara, penggunaan strategi dan metode pembelajaran yang kurang efektif dan variatif sehingga siswa kurang bersemangat dan menjadi sedikit bosan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran Mind Mapping untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surah Al-‘Alaq kelas V MI Al-Asy’ari Sidoarjo ? 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surah Al-‘Alaq setelah menggunakan metode Mind Mapping di MI Al-Asy’ari Sidoarjo? Penelitian ini dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Asy’ari Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas model Kurt Lewin yang terdiri dari dua siklus, setiap siklus melalui 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, dokumentasi, observasi, tes tulis dan juga penilaian produk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode pembelajaran Mind Mapping berjalan dengan baik karena dapat meningkatakan aktivitas guru dan siswa. Pada siklus I aktivitas guru mendapatkan skor 81, dan siklus II mendapatkan skor 90. Pada siklus I aktivitas siswa mendapatkan skor 79, pada siklus II mendapatkan skor 86. 2) Hasil belajar mata pelajaran Al-Qur’an Hadits materi surah Al-‘Alaq setelah menggunakan metode Mind Mapping pada prasiklus mendapatkan skor rata-rata 69.75 dengan ketuntasan belajar mencapai 33,33% (kategori kurang sekali), pada siklus I mendapat skor rata-rata 81,21 dengan ketuntasan belajar mencapai 69,69% (kategori cukup), dan siklus II mendapatkan skor rata-rata 92,22 dengan ketuntasan belajar mencapai 96,96% (kategori sangat baik) .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilmiyah, Miftakhulmiftakhulilmiyah96@gmail.comUNSPECIFIED
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Hasil Belajar
Pendidikan > Pendidikan Materi
Keywords: Hasil belajar; Surah al-alaq; Mind mapping
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ilmiyah Miftakhul
Date Deposited: 15 Nov 2018 04:19
Last Modified: 15 Nov 2018 04:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/28550

Actions (login required)

View Item View Item